Warga Swedia Bangun Kuburan untuk Atheis

Ilustrasi kuburan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Sebuah kuburan yang bebas dari setiap simbol agama telah dibuka di Swedia. Kuburan ini dibuka untuk memenuhi jumlah penganut Atheis yang terus berkembang di negara tersebut.

Tak Percaya Tuhan? 10 Fakta Abdullah Qasemi Penulis Buku Anti Atheis

Josef Ardem, seorang guru dari Borlange di Swedia merupakan orang pertama yang mengusulkan ide tersebut. Menurutnya, setiap orang mempunyai hak untuk memutuskan sendiri kuburan apa yang mereka inginkan nantinya. Pemikiran tersebut ia dapatkan selama dibesarkan di Kurdistan, di mana semasa hidupnya ia bertemu dan memiliki teman dari semua lapisan masyarakat.

Mulanya, melakukan negosiasi dengan perwakilan lokal dari Gereja Swedia. Setelah itu ia mengirimkan aplikasi pengajuan secara formal untuk penggunaan tanah. Nantinya, pihak gereja yang akan menjadi pengurus kuburan, meski tak terlibat terlalu banyak dalam administrasi lainnya.

8 Negara Maju yang Tak Bertuhan di Dunia, Mayoritas Ada di Eropa

"Orang-orang bisa memutuskan sendiri seperti apa nantinya kuburan mereka. Kuburan Atheis ini akan bebas dari semua simbol agama dan nasionalis," kata Erdem, seperti dikutip Independent, Jumat 21 Oktober 2016.

Erdem mengatakan ia sudah banyak berbicara dan membahas hal ini kepada banyak orang dari berbagai kalangan, dan mendapatkan respon serta dukungan yang sangat positif. Dia menekankan bahwa mereka yang beriman dan memiliki agama pun dipersilakan untuk dimakamkan di sana. Namun dengan syarat, tidak boleh memiliki tanda agama di batu nisan mereka.

Cerita Bule Mualaf Dihina Habis-habisan oleh Sang Ayah

Pemakaman yang letaknya dekat dengan gereja lokal itu hingga kini masih kosong. Meski demikian beberapa penduduk setempat telah menyatakan minatnya untuk dimakamkan di sana.

Swedia memiliki jumlah populasi Atheis tertinggi di dunia, menurut survei Gallup International and the WI Network of Market Research tahun 2015 lalu. Studi ini menemukan bahwa 76 responden Swedia mengatakan mereka tidak beragama atau Atheis.

foto atheis dan agnostik.

10 Alasan Orang Tidak Percaya Tuhan Menurut Riset Ilmuwan

Alasan orang tidak percaya tuhan, ketika saya melihat kembali ke masa pra-Kristen saya, saya menyadari bahwa saya bukanlah seorang ateis tetapi saya lebih apatis.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2022