Kereta Anjlok di Kamerun, 53 Orang Tewas

Upaya penyelamatan korban kereta anjlok di Kamerun, 20 Oktober 2016.
Sumber :
  • Mirror.co.uk

VIVA.co.id – Sebuah kereta penumpang di Kamerun mengalami kecelakaan pada Jumat, 21 Oktober 2016. Kereta tersebut anjlok dan terguling. Akibat kecelakaan tersebut, 53 penumpang tewas dan lebih dari 300 orang lainnya mengalami luka-luka.

Kereta Anjlok di India, Penumpang Terjepit di Gerbong Ringsek 8 Tewas

Diberitakan oleh Reuters, Sabtu, 22 Oktober 2016, kecelakaan terjadi saat kereta tersebut dalam perjalanan dari Yaounde menuju Douala, dua kota besar di negara tersebut. Kementerian Transportasi Kamerun, Edgar Alain Mebe Ngo'o, mengatakan kecelakaan terjadi di kota Eseka, sekitar 7 mil dari kota Yaounde. "Jumlah korban tewas yang disampaikan saat ini adalah jumlah sementara," ujar Ngo'o.

Seorang saksi mata mengatakan, sebelum berangkat dari Yaounde, petugas telah menambahkan jumlah gerbong untuk mengakomodasi penumpang. Namun belum jelas, apakah penambahan gerbong tersebut berperan dalam anjloknya kereta. Membludaknya penumpang kereta api diperkirakan terjadi karena adanya sebuah jembatan yang rusak di jalan utama antara Yaounde dan Douala.

5 Kecelakaan Kereta Api Terseram di Indonesia, Selalu Terjadi di Hutan

"Banyak sekali korban. Ada Ibu-ibu dan anak-anak, sangat banyak," ujar seorang pekerja di Camrail, yang mengoperasikan kereta France's Bollore Railways seperti dikutip dari Mirror, Sabtu, 22 Oktober 2016. Pekerja itu mengatakan, tiga temannya menjadi korban kecelakaan tersebut.

Joel Bineli, saksi mata mengatakan, ia melihat begitu banyak mayat di sekitar lokasi kecelakaan. Pengguna media sosial bahkan membagikan macam-macam foto di antara sejumlah kabin yang terlempar keluar rel dan bergulingan di sekitar rel.

Kronologi Tujuh Gerbong Kereta Api Keluar Jalur Rel di Malang

"Petugas evakuasi sudah datang, dan mereka mulai mengangkat mayat dari dalam kabin. Saya sudah menghitung, mereka sudah memindahkan sekitar 40 tubuh," ujar Rachelle Paden, penumpang lainnya.

Camrail mengatakan telah mengirimkan tim ke lokasi, dan membawa korban ke rumah sakit setempat dan kota yang terdekat. Sedangkan juru bicara Bollore hanya membenarkan terjadinya kecelakaan tanpa mengonfirmasi yang lainnya.

Kebanyakan rel kereta di Afrika Barat dan Afrika Tengah terkenal karena buruknya penanganan dan gagal memperhatikan aturan keselamatan. Kereta anjlok adalah kecelakaan yang sangat umum terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya