Trump Arahkan Serangan pada Michelle Obama

Michelle Obama
Sumber :
  • REUTERS/Ida Mae Astute/ABC/Handout

VIVA.co.id –  Calon Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, kini melancarkan serangan pada ibu negara, Michelle Obama. Menurut Trump, Michelle hanya ingin berkampanye untuk Hillary Clinton.

Ex President Barack Obama Makes Surprise Visits to PM Rishi Sunak

Pernyataan tersebut disampaikan Trump saat berkampanye di North Carolina, Jumat, 21 Oktober 2016. Saat itu, Trump bahkan menyebut jajaran pemimpin di Amerika sebagai para bayi dan pecundang.

Trump lalu merujuk pada masa kampanye tahun 2007, saat Hillary bersaing dengan Obama menuju calon presiden dari Partai Demokrat. Menurut Trump, tahun 2007, Michelle Obama menyerang Hillary dengan menyindir Hillary tak cukup layak untuk berada di Gedung Putih.

Benarkah Michelle Obama Akan Mencalonkan Diri Jadi Presiden AS 2024?

"Bukankah dia yang pernah memulai dengan menyatakan, 'Jika Anda tidak bisa mengurus rumah tangga, Anda tidak bisa mengurus Gedung Putih atau Negara,' kan?" ujar Trump di hadapan pendukungnya di North Carolina, seperti diberitakan oleh BBC, Sabtu, 22 Oktober 2016.

"Di mana sikap itu sekarang? Saya tidak mendengarnya. Saya tidak mendengar hal itu," ujarnya menambahkan.

Tahun 2007, menjelang pemilihan Presiden AS, Michelle Obama, pernah berpidato dengan ucapan, "Jika Anda tidak bisa mengurus rumah tangga Anda sendiri, jelas Anda tidak bisa mengurus Gedung Putih."

Ucapan Michelle saat itu menuai kritik tajam. Banyak yang menganggap ucapan itu ditujukan pada Hillary Clinton.

Jadi Kandidat Terkuat, Michelle Obama Tidak Akan Maju Dalam Pemilu AS Pada 2024

Namun Tim Kampanye Obama saat itu mengatakan, ucapan itu diarahkan pada perjuangan Obama dan Michelle sebagai sebuah keluarga selama masa kampanye.

Michelle sendiri sudah memberikan klarifikasinya saat itu. "Kami menyesuaikan jadwal untuk memastikan bahwa kedua anak kami tetap prioritas. Jika ia berkeliling, maka saya akan melakukan kampanye yang bisa pulang pergi ke rumah. Itu artinya saya bangun pagi hari, membantu kedua anak saya bersiap, mengantarkan mereka, lalu pergi dan melakukan perjalanan. Saya akan kembali sebelum waktu tidur," ujar Michelle saat itu.

Dan ucapan Michelle yang sudah diklarifikasi itu yang kini digunakan Trump untuk menyerang. Sebelumnya, Michelle sempat melontarkan ucapan keras soal ucapan Trump yang melecehkan perempuan dalam acara di tahun 2005. Tanpa menyebut nama, Michelle mengatakan, pelecehan baik ucapan maupun tindakan terhadap perempuan adalah hal yang sangat membahayakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya