Qatar Janjikan Tambahan Kuota untuk TKI

Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi bertemu TKI di Timur Tengah.
Sumber :
  • Kementerian Luar Negeri RI

VIVA.co.id – Qatar menjanjikan pemberian tambahan kuota bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Hal ini disampaikan saat kunjungan kerja Inspektur Jenderal Kemnaker, Soenarno, beberapa waktu lalu.

Kisah Perjalanan Para TKI Jadi Korban Kerja Paksa di Malaysia

"Qatar menjanjikan pemberian tambahan kuota bagi TKI sekitar 24 ribu orang. Kunjungan Irjen Soenarno juga untuk memonitor kebijakan moratorium pengiriman tenaga kerja informal ke kawasan Timur Tengah yang diberlakukan sejak Mei 2015," kata Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi, melalui keterangan pers KBRI Doha yang diterima oleh VIVA.co.id, Sabtu 22 Oktober 2016.

Kesepakatan ini menindaklanjuti hasil pertemuan Menteri Ketenagakerjaan RI, Hanif Dhakiri, dengan Menteri Pembangunan Administrasi, Urusan Buruh dan Sosial Qatar, Issa bin Saad al-Jafali al-Nuaimi.

Sebar Video Majikan Telanjang, TKI di Singapura Dibui 17 Bulan Penjara

Acara pertemuan dengan Soenarno juga dimanfaatkan untuk berkumpul bersama dengan 42 TKW bermasalah di Wisma Duta. Kegiatan ini bertujuan untuk menghibur para TKI, yang umumnya didominasi Tenaga Kerja Wanita (TKW), sambil menunggu dipulangkan dan sekaligus wujud dari bentuk perhatian pemerintah terhadap TKW di luar negeri.

Dubes Basri memaparkan jumlah TKI di Qatar saat ini sekitar 40 ribu, di mana sekitar 10 ribu di antaranya adalah tenaga kerja terampil dan semiterampil, sedangkan sisanya 30 ribu tenaga kerja infomal. "Hanya 0,4 persen dari total jumlah buruh migran Indonesia yang mengalami masalah di Qatar,”  ujarnya.

Satu TKI asal Jatim Meninggal Setiba di Surabaya, Bukan COVID-19

Irjen Soenarno juga melakukan kunjungan ke penampungan Buruh Migran Indonesia di KBRI Doha guna melihat penanganan TKI bermasalah di Qatar. Soenarno mengapresiasi kebijakan KBRI dalam menangani masalah ketenagakerjaan, serta upaya perlindungan dan penanganan TKI bermasalah di Qatar.

BBC Indonesia

Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan

Koalisi organisasi pekerja migran di Hong Kong mengatakan para pekerja rumah tangga "ditelantarkan" di tengah pandemi gelombang kelima.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2022