Gempa Guncang Italia Tiga Kali Berturut-turut

Gempa bumi kembali melanda Italia.
Sumber :
  • REUTERS/Steve Scherer

VIVA.co.id – Derita dan trauma warga Italia akibat gempa bumi yang melanda negeri itu pada akhir Agustus lalu seakan belum usai.

Gempa Dahsyat Kembali Guncang Italia

Serangkaian gempa bumi kuat mengguncang wilayah Italia bagian tengah, pada Rabu. Hal ini menimbulkan ketakutan di antara warga yang berlari untuk menyelamatkan diri.

Mengutip situs Reuters, Kamis, 27 Oktober 2016, menurut laporan Badan Geologi Amerika Serikat, negeri Pizza itu diguncang tiga kali gempa sekitar dua jam secara berturut-turut.

Gempa Guncang Italia, Laga Serie A Sempat Terhenti

Hantaman gempa menyebabkan runtuhnya beberapa bangunan struktur lama, termasuk gereja Bersejarah abad ke-15, San Salvatore di Campo, dekat Norcia di wilayah Umbria, yang kosong saat gempa terjadi.

Gempa pertama berkekuatan 5,4 skala Richter (SR), disusul 6,1 SR dan 4,9 SR. Pusat gempa berasal dari kota Castelsantangelo sul Nera di wilayah Marche.

Suporter Juventus Pasang Spanduk Dukungan Buat Korban Gempa

Kemudian, getaran terasa hingga selatan Naples, utara Venice, dan ibu kota Roma. Menurut laporan tidak ada laporan korban tewas dan hanya beberapa luka serius.

Kepala Departemen Perlindungan Sipil, Fabrizio Curcio, mengatakan puluhan orang yang dilaporkan terluka, namun hanya empat menderita luka serius. "Tapi luka keempatnya tidak mengancam nyawa mereka," kata Curcio.

Gempa bumi yang melanda Italia bagian tengah, pada akhir Agustus lalu, mirip dengan gempa di Bantul, Yogyakarta, pada 2006.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa Italia hanyalah gempa tektonik dangkal (10 kilometer) dengan kekuatan yang sebenarnya relatif kecil (6,2 skala richter/SR) akibat aktivitas sesar aktif.

Peristiwa ini mirip gempa Bantul di Yogyakarta pada 2006 yang mencapai 6,4 SR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya