Australia Sumbang Seratus Ribu Dolar Untuk IORA

Menlu Australia, Julie Bishop
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id – Australia sebagai salah satu anggota Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA), saat ini turut mengambil bagian dalam mempertahankan keselamatan dan keamanan maritim di kawasan. Dalam hal ini, dialog dan kerjasama yang kuat perlu diterapkan di seluruh wilayah Samudera Hindia.

6 Warga China dan 2 WNI Ditahan Coba-coba Masuk Perairan Australia

"IORA memainkan peran kunci dalam menjamin keamanan dan kemakmuran. Saya yakin dengan potensi dan kekuatannya, IORA mampu menghadapi tantangan global dan meningkatkan produktivitas ekonomi di kawasan kita," kata Menteri Luar Negeri Australia, Jolie Bishop, saat pertemuan Dewan Menteri IORA di Bali, melalui keterangan pers, Kamis 27 Oktober 2016.

Dalam hal ini, Bishop menegaskan bahwa setiap negara anggota tidak dapat meremehkan dampak yang sangat mahal dari terorisme dan ekstirmisme kekerasan dalam semua bentuk, terhadap perdamaian dan keamanan, pembangunan ekonomi dan kohesi sosial kawasan dan internasional.

Sosok Berkebaya Terukir di Monumen Perjuangan Australia, Siapa Dia?

"Saya berharap untuk menyaksikan diskusi produktif oleh para pemimpin perihal hal ini dan isu penting lainnya. Australia memberi tekanan besar pada pemanfaatan daya inovasi, untuk pembangunan secara global," ujarnya.

Selain itu, Bishop mengatakan Australia pun menyediakan dana sebesar A$100.000 untuk kegiatan-kegiatan penguatan kelembagaan dan pengembangan kapasitas untuk sekretariat IORA dan stafnya.

Ratusan Ribu Ternak Australia Terpanggang di Kebakaran Hutan Semak

"Kami akan melanjutkan upaya kami untuk mendorong kiprah yang lebih luas dari negara anggota di kegiatan-kegiatan IORA dengan sumbangsih A$100.000 lanjutan Dana Khusus IORA.  Australia berkomitmen untuk membuat IORA menjadi kawasan yang lebih kuat dan berorientasi praktis," tegasnya.

(ren)

Menlu Retno Marsudi

Mau Liburan Sambil Kerja, Australia Siapkan 4100 Visa untuk WNI

Berusia 18-30 tahun punya kesempatan kerja 12 bulan di Australia.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2020