Pemberontak Houthi Tembakkan Roket ke Mekah

Kota Suci Mekah.
Sumber :
  • REUTERS/Ahmed Jadallah

VIVA.co.id – Kelompok militan Houthi telah menembakkan roket dengan target kota suci Mekah.

3 Konflik Ini Bisa Menyulut Perang Dunia 3 yang Semakin Santer Dibicarakan

Pasukan Koalisi Arab mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip situs Arabnews, Jumat, 28 Oktober 2016, bahwa roket itu jatuh sekitar 65 kilometer dari Mekah.

Sebagai balasan, jet tempur pasukan koalisi langsung menyerang dan menghancurkan lokasi peluncuran roket di Saada.

Bank Dunia Perkirakan Perang Timur Tengah Bisa Lambungkan Harga Minyak

Sementara itu, Perdana Menteri Yaman, Ahmed Obeid bin Daghr, mengatakan Iran telah melatih ribuan pejuang Houthi di Iran dan Beirut, Lebanon, yang justru membuka jalan bagi agresi milisi pemberontak.

"Perang di Yaman tidak dimulai pada tanggal 26 Maret 2015. Tapi dimulai ketika Houthi mengangkat senjata melawan pesaing politik mereka terhadap negara dengan dukungan nyata dari Iran. Mereka jelas-jelas melatih 6.000 milisi Houthi," kata Bin Daghr, setelah pertemuan dengan Duta Besar Prancis untuk Yaman, Kristen Tisti.

Mengenal Bangsa Kurdi, Garda Terdepan Penumpas ISIS

Ia juga mengklaim bahwa Yaman tidak pernah mencari perang, namun ketika pemberontak Houthi difasilitasi mesin perang dari Sida ke Imran dan Sana'a lalu membunuh rakyat dan melakukan aksi pemboman, maka pemerintah pun akhirnya ikut berperang.

"Dunia akhirnya akan menyadari bahwa Houthi adalah masalah tidak hanya bagi Yaman tetapi juga kawasan," papar Bin Daghr.

Peta Gaza.

5 Negara Arab yang Bisa Tekuk Lutut Militer Israel dan Selamatkan Palestina

Konflik antara Israel dan negara-negara Arab dapat pecah kapan saja saat ini. Apalagi ada sejarah yang panjang dan kompleks antara mereka. Berikut negara arab bisa bantu.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024