09-11-1989: Jerman Timur Izinkan Tembok Berlin 'Dibuka'

Pembangunan Tembok Berlin pada 1961.
Sumber :
  • Wikimedia Commons / US National Archives

VIVA.co.id – Hari ini, 27 tahun silam. Untuk kali pertama, pemerintah Jerman Timur, 'membuka' Tembok Berlin, yang sebelumnya dibangun untuk memisahkan Jerman menjadi dua blok.

8 Fakta Menarik Ukraina yang Menjadi Negara Terluas di Eropa

Melansir situs History, Rabu 27 November 2016, keputusan membuka tembok tersebut menunjukkan hal yang lain. Yakni, terjadinya perubahan besar dalam perpolitikan di Jerman Timur, di mana dominasi komunis mulai ditinggalkan, dan warga menuntut pemilu yang terbuka.

Begitu dibuka, mayoritas warga Jerman Timur, berbondong-bondong mencoba untuk menyeberang ke Jerman Barat, pada malam harinya.

Bagaimana Penindasan Soviet Memupuk Benci Rakyat Ukraina pada Rusia

Aksi sempat terhambat oleh pasukan perbatasan yang dijaga Jerman Timur. Namun, dalam beberapa jam, ribuan orang berkumpul di perbatasan dan suasana menjadi semacam pesta besar.

Pasukan Jerman Timur, akhirnya tidak bisa membendung gelombang manusia yang datang. Mereka menaiki tembok sambil bersorak-sorai maupun memukuli dinding tembok dengan peralatan seadanya.

10 Fakta Mengejutkan Turkmenistan, Negara Islam yang Diktator!

Dibukanya Tembok Berlin ini, juga sebagai sebuah pesan besar yang disampaikan Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev untuk memiliki hubungan yang baru dengan Amerika Serikat.

Pembukaan, yang berujung pada dihancurkannya Tembok Berlin, menjadi awal dari hampir berakhirnya Perang Dingin yang terjadi antara Barat dan Timur. (asp)

Seorang lelaki tua memegang bendera Uni Soviet. Getty Images via BBC Indonesia

Membandingkan Kehidupan di Uni Soviet dan Rusia Pada Masa Perang

Setelah invasi pasukan Rusia ke Ukraina, kehidupan warga Rusia mulai berubah cepat. Perbatasan ditutup, nilai rubel terus turun dan harga barang-barang mulai naik.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2022