Pengamat: Kemenangan Sementara Trump di Luar Prediksi

Capres AS Donald Trump saat berkampanye di Derry, New Hampshire
Sumber :
  • REUTERS/Brian Snyder

VIVA.co.id – Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, kembali memenangkan perolehan suara di negara bagian Ohio. Kawasan ini merupakan salah satu swing state yang menyumbang electoral vote bagi pemenangan kandidat.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Menanggapi hal ini, pengamat hubungan internasional Aleksius Djemadu mengatakan, ini merupakan hasil dari kampanye Trump yang cukup kuat di beberapa negara bagian.

"Hasil ini merupakan bukti bahwa Trump punya kampanye yang kuat di beberapa negara bagian tersebut. Salah satunya adalah caranya untuk mendukung masyarakat dari kalangan kelas menengah," kata Aleksius di pusat kebudayaan @America, Jakarta, Rabu, 9 November 2016.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Meski demikian, Trump pun dikatakan belum memiliki fokus yang jelas jika terpilih menjadi presiden Amerika Serikat.

Selain itu, beberapa kebijakannya yang telah dipaparkan dalam kampanye sebelumnya akan berdampak besar bagi perekonomian dan pasar negara-negara lainnya.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Menanggapi hal ini, profesor ilmu politik Lone Star College, Daniel Cooper pun berkomentar. "Unexpected. Tidak terduga," ujarnya singkat.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022