Selandia Baru Terancam Tsunami, Ribuan Warga Mengungsi

Gempa Selandia Baru.
Sumber :
  • usgs.gov

VIVA.co.id – Gempa bumi dengan kekuatan sedikitnya 7,5 pada Skala Richter mengguncang Selandia Baru malam tadi. Gempa darat ini berada pada jarak 91 km arah timur Kota Christchurch pada kedalaman 23 km. Departemen Pertahanan Sipil dan Manajemen Darurat Selandia Baru, memperingatkan ancaman tsunami sepanjang seluruh pantai timur negara itu.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Karena itu, warga yang berada di daerah dataran rendah diminta untuk segera mengungsi dan mencari tempat yang lebih tinggi. Dilaporkan sudah ribuan warga mengungsi. Diperkirakan, tsunami akan tiba dalam dua jam. Dari informasi, terdata adanya signal air laut yang telah surut di wilayah utara Canterbury. Ancaman gelombang tsunami bisa mencapai 5 meter.

Sebelumnya pemerintah Selandia Baru menyebut gempa yang mengguncang dengan kekuatan 6,6 SR. Tapi kemudian direvisi menjadi 7,5 SR. Alaram tsunami kemudian dibunyikan. Gempa yang terjadi pada tengah malam ini memang dirasakan hampir di sebagian besar warga Selandia Baru. Tapi hingga kini belum ada laporan tentang korban jiwa. Sementara kerusakan akibat gempa masih didata. Dilaporkan juga terjadi kerusakan jaringan listrik dan telepon.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Menurut juru bicara Dewan Kota Wellington, Richard Maclean, seperti dikutip dari Reuters, mengatakan proses evakuasi telah dilakukan terhadap warga yang bermukim di pinggiran pantai.

"Kami terima laporan ada banyak kerusakan," katanya.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Serangkaian gempa susulan masih terjadi di beberapa kota seperti Cheviot, Domett, Rotherham, Waiau, Culverden, Hawarden, Waipara, Waikari, Amberley, Sefton, Loburn, Ashley, dan Christchurch.

Menurut analisis BMKG, gempa bumi di Selandia Baru merupakan gempa bumi dangkal dengan mekanisme sumber berupa sesar naik (thrust fault) yang diduga dipicu aktivitas subduksi lempeng pada jalur Hikurangi Trough, yaitu zona paling selatan dari sistem subduksi Kermadec-Tonga. Di zona ini subduksi Lempeng Pasifik dengan laju 37 mm/tahun menunjam ke arah barat di bawah Lempeng Australia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya