PM Israel Mau Larang Rumah Ibadah Pakai Pengeras Suara

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • REUTERS/Baz Ratner

VIVA.co.id – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyatakan mendukung Rancangan Undang Undang (RUU) pembatasan panggilan doa menggunakan pengeras suara, yang dilakukan dari rumah-rumah ibadah.

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

Menurut stasiun berita Al Jazeera, Senin 14 November 2016, RUU tersebut nantinya akan mengatur rumah ibadah, untuk mengurangi panggilan doa melalui pengeras suara. Namun pengawas pemerintahan menilai peraturan tersebut merupakan ancaman bagi kebebasan beragama.

"Saya tidak bisa menghitung berapa kali, namun banyak masyarakat Israel dari semua agama mengeluhkan kebisingan yang berlebihan akibat rumah ibadah yang menggunakan sistem pengeras suara untuk panggilan doa," kata Netanyahu.

Kegagalan Hukum Internasional dalam Menghadapi Kejahatan Perang Israel

Meski RUU ini nantinya berlaku bagi semua rumah ibadah, namun hal ini dilihat hanya menargetkan kepada masjid. Dari sekitar 17.5 persen warga Arab di Israel, sebagian besar dari mereka umat Muslim. Mereka kerap menuduh mayoritas Yahudi bertindak buruk dan mendiskriminasi mereka.

Israel Democracy Institute menentang usulan tersebut. Nasreen Hadad Haj-Yahya menilai RUU bukan ditujukan untuk mencegah kebisingan, justru akan merugikan semua masyarakat dan semakin meningkatkan ketegangan antara bangsa Yahudi dan Arab.

Didukung Amerika Serikat, Ini Alasan Israel Dibiarkan Dunia

(ren)

Ilustrasi Boikot Produk Israel. Sumber: Flickr.com

Antara Dukungan dan Keberlanjutan Ekonomi Lokal

Konflik di Gaza, mengundang respons dari berbagai masyarakat Indonesia dengan melakukan boikot terhadap produk yang terhubung dengan Israel.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023