Trump: Setop Intimidasi Kelompok Minoritas

Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Carlo Allegri

VIVA.co.id – Sejak terpilih sebagai presiden Amerika Serikat ke-45, sikap Donald Trump terhadap Islam terlihat melunak. Dalam sebuah wawancara televisi akhir pekan lalu, ia mengaku sedih mendengar laporan pelecehan terhadap warga Muslim.

MasyaAllah! Negara Bagian di Eropa Ini Izinkan Guru Memakai Jilbab Setelah 18 Tahun Dilarang

"Saya sangat sedih mendengar hal itu. Saat ini saya minta agar semua masyarakat menghentikan hal itu. Hentikan!" kata Trump dalam wawancara, seperti dikutip VOA, Senin 14 November 2016.

Banyak pendukung Trump yang merasa lebih berani setelah tersulut oleh retorika kampanye Trump yang kebanyakan ditujukan bagi Muslim dan Meksiko. Namun, miliader berusia 70 tahun itu mengatakan tidak tahu mengenai serangan terhadap kelompok minoritas sejak pemilihannya dan mengatakan ia benci mendengar hal itu. Ia meminta para pelaku untuk berhenti melakukan pelecehan dan diskriminasi.

Pria Muslim Ditegur Petugas Keamanan Setelah Salat di Stasiun Kereta Kanada

Dalam sesi wawancara, Trump menghadapi pertanyaan tentang ujaran kebencian terhadap Muslim, kaum Hispanik Amerika, orang kulit hitam, etnis minoritas dan komunitas LGBT dalam beberapa hari terakhir. Ia menilai, beberapa bagian masyarakat takut kepadanya karena tidak mengenalnya. Dia pun meminta masyarakat agar tidak perlu cemas.

"Itu hanya karena mereka tidak mengenal saya. Saya tidak akan melakukannya (diskriminasi). Itu mengerikan. Saya akan membawa negara ini bersama-sama dan adil," ujar Trump menegaskan.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan
Penghancuran rumah warga Muslim di India

5 Wilayah di India yang Paling Anti-Muslim

Insiden anti-Muslim di India rata-rata terjadi lebih dari satu kali dalam sehari, pada paruh pertama 2023, dan paling banyak terjadi di negara-negara bagian India.

img_title
VIVA.co.id
26 September 2023