Inovasi Bedah Cangkok Wajah

Tersenyum Berkat Lidah dan Rahang Baru

VIVAnews - Pasien transplantasi wajah pertama di Spanyol gembira dengan penampilan barunya. Pasalnya, pasien berumur 43 tahun itu kini sudah bisa tersenyum setelah memiliki lidah dan rahang baru. Operasi transplantasi lidah dan rahang pada Selasa pekan lalu itu merupakan yang pertama di dunia.

Menurut ahli bedah spesialis transplantasi, Pedro Cavadas, pasien yang menjalani operasi Selasa pekan lalu di rumah sakit La Fe, Valencia tersebut bisa kembali ke rumah dalam satu pekan ini. Pria yang tidak disebut namanya itu wajahnya rusak parah akibat efek radioterapi yang dijalani untuk menyembuhkan tumor ganas lebih dari 10 tahun lalu.

Cavadas mengatakan, pasien perlu belajar cara makan dan berbicara dengan benar setelah lebih dari satu dekade tidak mampu melakukannya. Namun, saat berkaca di depan cermin, pasien bahagia melihat dirinya bisa kembali tersenyum.

Pihak rumah sakit, Sabtu pekan lalu mengatakan, kondisi pasien terus mengalami kemajuan. Operasi transplantasi wajah kedelapan di dunia itu dilakukan oleh Cavadas dan satu tim yang terdiri atas 30 orang.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Butuh waktu 15 jam untuk mentransfer bagian-bagian wajah dari seorang donor yang telah meninggal dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. Sejauh ini empat operasi transplantasi wajah sudah dilakukan di Prancis, dua di Amerika Serikat, dan satu di China.

Cavadas mengaku terpaksa menggelar konferensi pers karena sejumlah media sudah mengungkap identitas donor tersebut. "Kerahasiaan identitas donor sudah dilanggar. Tidak ada keuntungannya bagi siapapun," kata Cavadas. (AP)

Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024