Fukushima Digoncang Gempa Kuat

Ilustrasi Fukushima saat menolak pembangunan kembali pusat Reaktor Nuklir di Fukushima Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVA.co.id – Gempa terjadi di Fukushima, prefektur di daerah utara Jepang pada Senin 21 November 2016, waktu setempat. Gempa yang disebut berkekuatan hingga 7,3 skala richter dirasakan hingga ke Tokyo, sebagaimana dirilis laman Reuters.

Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Bayah Banten

Sementara itu, potensi tsunami juga sudah diidentifikasi di Fukushima, menyusul gempa yang terjadi pukul 5.59 pagi waktu setempat tersebut. Potensi tsunami diumumkan, setelah adanya pengamatan gelombang tinggi hingga tiga meter oleh agensi Jepang, NHK.

Mengantisipasi hal tersebut, pembangkit listrik dan reaktor nuklir yang berada di pantai juga sudah dimatikan untuk meminimalisir sebaran radiasi ke air dan udara. Juru Bicara Tokyo Electric Power, atau Tepco yang menyatakan, belum ada kerusakan berarti di pembangkit listrik akibat gempa. Meskipun dampak gempa tersebut, untuk sementara waktu daerah terdampak belum bisa menggunakan energi listrk.

10 Badai Paling Merusak dalam Sejarah, Ada yang Menyebabkan 2.000 Orang Tewas

Akibat gempa, satu orang warga perempuan disebutkan menjadi korban.

Gempa merupakan bencana yag cukup sering terjadi di Jepang. Negara yang wilayahnya memiliki area yang aktif secara seistimik. Jepang disebutkan mengalami hingga 20 persen gempa paling kuat yang pernah terjadi di bumi. Bahkan, pada 11 Maret 2011, terjadi gempa terkuat, yakni hingga sembilan skala richter di Jepang. (asp)

Gempa Bumi Kembali Landa Jepang, Kali Ini Tidak Ada Peringatan Tsunami
Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

BMKG Ungkap 12 Fakta tentang Gempa Bawean, Masyarakat Diminta Waspada Nomor 6 dan 8

BMKG mengungkap adanya 12 fakta mengenai gempa yang terjadi di Pulau Bawean Kabupaten Gresik Jawa Timur, Jumat, yang berkekuatan magnitudo 5,9 dan 6,5.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024