Tsunami 1,4 Meter Terlihat Setelah Gempa Jepang

Laporan tsunami Jepang
Sumber :
  • Twitter/Jose Guerrero

VIVA.co.id – Tiga jam setelah gempa berkekuatan tinggi, tsunami setinggi 1,4 meter dilaporkan terlihat di Sendai, Prefektur Miyagi, Selasa pagi, 22 November 2016. Munculnya tsunami, juga dilaporkan pada empat titik lainnya, seperti di Pelabuhan Soma yang mencapai ketinggian 90 sentimeter.

Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Bayah Banten

Dikutip dari RT, lokasi lainnya adalah Ishinomaki Ayukawa dan Pelabuhan Kuji setinggi 80 sentimeter. Tsunami setinggi satu meter, juga dilaporkan terjadi pada pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daichi dan Daini. Otoritas memperingatkan, tsunami bisa mencapai ketinggian lebih dari tiga meter.

Namun, Tokyo Electric Power Company (TEPCO), menyebutkan tidak ada situasi berbahaya dan gelombang kedua tidak terlalu tinggi. Mereka juga mengonfirmasikan, pompa sistem pendingin pada reaktor tiga sudah kembali berjalan, setelah sempat dilaporkan berhenti 20 menit sebelumnya.Badan Meteorologi Jepang memperbarui informasi gempa, merevisi kekuatan gempa menjadi 7,4 skala richter dari sebelumnya 7,3. Kedalaman gempa juga direvisi menjadi 25 kilometer.  Dua gempa susulan dilaporkan terjadi dengan kekuatan 4,9 dan 4,6 skala richter.

10 Badai Paling Merusak dalam Sejarah, Ada yang Menyebabkan 2.000 Orang Tewas

Gempa dilaporkan membuat penerbangan di Bandara Sendai dan Fukushima tertunda, tapi disebut belum ada masalah serius. Maskapai seperti Japan Airlines, bahkan memutuskan untuk membatalkan empat penerbangan. (asp)

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

BMKG Ungkap 12 Fakta tentang Gempa Bawean, Masyarakat Diminta Waspada Nomor 6 dan 8

BMKG mengungkap adanya 12 fakta mengenai gempa yang terjadi di Pulau Bawean Kabupaten Gresik Jawa Timur, Jumat, yang berkekuatan magnitudo 5,9 dan 6,5.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024