WNI Dipastikan Aman dari Gempa dan Tsunami Jepang

Peta bencana Jepang.
Sumber :
  • REUTERS / Toru Hanai

VIVA.co.id – Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Tokyo, Jepang, Ricky Suhendar, memastikan sebanyak 3.700 warga negara Indonesia yang tinggal di empat wilayah yang terkena gempa bumi dan tsunami, aman.

DPR Titip Perlindungan WNI jadi Perhatian Calon Duta Besar RI

"Ada empat wilayah yang terkena gempa dan tsunami. Yaitu Prefektur Miyagi, Prefektur Fukushima, Prefektur Aomori, dan Prefektur Chiba. Semua WNI yang tinggal di sana dipastikan selamat dan tidak ada yang terluka," kata Ricky, saat berbincang di Kabar Siang tvOne, Selasa, 22 November 2016.

Ia mengemukakan, meskipun seluruh WNI selamat, namun KBRI Tokyo siap mewaspadai dan mengantisipasi jika ada gempa bumi susulan. Sebelumnya, pemerintah Jepang sudah mencabut status tsunami.

Hari Bakti Transmigrasi, Kemendes Gelar Istighotsah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

Badan Meteorologi Jepang (JMA) sudah menurunkan peringatan tsunami menjadi ke tingkat risiko lebih rendah, hari ini. Kabar ini diumumkan JMA tak lama setelah adanya laporan tsunami setinggi 1,4 meter di Sendai, Prefektur Miyagi.

Mereka juga mengumumkan, peringatan tsunami sudah dicabut untuk Pacific Coast, dan Kujukuri di Prefektur Aomori, Uchibo di Prefektur Chiba, serta kepulauan Izu. Namun, mereka tetap menyarankan nelayan untuk tidak berlayar.

Satu Orang Terluka Akibat Gempa Filipina, Tembok-tembok Runtuh

Sementara, peringatan untuk Prefektur Fukushima dan Miyagi pun telah diturunkan, yang mengindikasikan tak bakal ada dampak serius dari tsunami. (ase)

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Bencana gempa berkekuatan 7,8 yang menguncang Turki dan Suriah jadi perhatian dunia internasional. Ribuan orang meninggal imbas gempa Turki-Rusia.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023