Trump Angkat Gubernur Keturunan India Jadi Duta Besar

Donald Trump, Presiden terpilih Amerika Serikat.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump memilih Gubernur Carolina, Nikki Haley menjadi Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Haley dikenal sebagai salah satu politikus dari Partai Republik yang sebelumnya pernah mengkritik Trump dalam beberapa kesempatan.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Pilihan Trump tersebut dianggap mengejutkan, mengingat Haley dinilai bukanlah sosok yang mumpuni dan berpengalaman dalam bidang politik luar negeri. Namun, menurut Trump, Haley layak untuk jabatan itu karena terbukti memiliki rekam jejak menyatukan warga yang berasal dari berbagai latar belakang dan aliran politik.

Sementara itu, Haley, sebagaimana dilansir Reuters, pada Rabu, 23 November 2016 waktu setempat, menyatakan telah menerima penunjukan itu.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

"Apabila Presiden meyakini seseorang memiliki peran dan kemampuan untuk berkontribusi bagi negara, maka itu adalah sebuah panggilan," kata Nikki Haley.
 
Penunjukan Haley tersebut juga dinilai bisa menjadi bantahan soal anggapan sikap anti imigran Trump selama ini. Gubernur Carolina tersebut merupakan keturunan imigran asal India.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022