Fidel Castro Meninggal Dunia

Mantan Presiden Kuba, Fidel Castro.
Sumber :
  • Desmond Boylan/Reuters

VIVA.co.id – Mantan Presiden Kuba Meninggal dunia, Sabtu, 26 November 2016. Pemimpin kontroversial ini mengembuskan nafas terakhirnya dalam usia yang ke-90.

5 Negara Komunis Terakhir yang Ada Saat Ini, 2 Tetangga Indonesia!

Dilansir dalam AFP, meninggalnya Fidel Castro ini terjadi pada pukul 22.29 waktu setempat. "Panglima tertinggi revolusi Kuba meninggal malam ini," ujar Presiden Kuba Raul Castro, yang tak lain adik dari Fidel Castro.

Pada Agustus lalu, Fidel Castro baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-90. Saat itu ribuan warga Kuba ikut turun ke jalan merayakan mantan presiden yang lahir 13 Agustus 1926 itu.

Ketua Komisi Fatwa MUI Prof KH Hasanuddin AF Meninggal Dunia

Fidel Castro terkenal sebagai presiden terlama di Kuba. Setidaknya hampir setengah abad, Fidel Castro berkuasa di Kuba. Sepak terjang Fidel Castro memang fenomenal. Ia menjadi salah satu pionir pendiri negara komunis dan menjadi penganut ideologi Marxisme.

April silam, Fidel Castro sempat memberikan pidato terakhir di kongres Partai komunis dan pernah menyampaikan soal usianya.

Muhammadiyah Berduka Yahya Muhaimin Wafat: Sosok Intelektual Teladan

"Saya segera memasuki usia 90 tahun. Saya akan segera seperti semua orang lain. Giliran itu akan datang," kata Castro di hadap[an 1.300 aktivis Partai Komunis di Havana.

Saat itu, Castro memastikan bahwa ide tentang komunis akan tetap bertahan di dunia. "Ide soal komunis Kuba akan terus berlanjut. Jika kalian bekerja keras dan bermartabat, kalian bisa menghasilkan barang dan bahan yang dibutuhkan orang," kata Castro.

Eks Dubes AS Manuel Rocha (Doc: AP Photo)

Pengagum Fidel Castro, Mantan Dubes AS Rela Jadi Mata-Mata Kuba Selama Puluhan Tahun

Seorang mantan Dubes Amerika Serikat (AS), mengakui kesalahannya atas tuduhan sebagai agen rahasia untuk negara komunis Kuba selama puluhan tahun

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024