Iran Akan Susul Rusia Dirikan Pangkalan Militer di Suriah

Parade Angkatan Bersenjata Iran.
Sumber :
  • Reuters/Morteza Nikoubazl

VIVA.co.id – Angkatan Laut Iran berniat mendirikan pangkalan militernya di Suriah dan Yaman. Sebelumnya, Rusia telah memiliki pangkalan militer permanen yang berlokasi di Tartus, Suriah.

7 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Peringkat Indonesia Gak Kaleng-kaleng!

Menurut Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Jenderal Mohammad Hossein Baqeri, memiliki pangkalan militer di kedua wilayah tersebut merupakan sebuah kemajuan bagi militer Iran, karena kondisi saat ini populasi dunia tertinggi tinggal di dekat pantai.

Selain itu, perputaran ekonomi mulai tergantung dari laut. "Memiliki pangkalan AL di luar Iran jauh lebih murah dari teknologi nuklir? Saya bisa katakan, itu 10 kali lebih penting", ujar Baqeri, seperti dikutip situs Alarabiya, Senin, 28 November 2016.

Akhirnya Pemimpin Tertinggi Iran Khamenei akan Pimpin Salat Jumat

Ia menambahkan jika pengaturan platform angkatan laut di lepas pantai negara-negara tersebut membutuhkan infrastruktur terlebih dahulu. Ia mengatakan Iran memiliki kemampuan mengatur platform permanen untuk keperluan militer di Teluk Persia dan di wilayah lain.

Ini adalah pertama kalinya seorang pejabat tinggi militer Iran berbicara mendirikan pangkalan angkatan laut di negara lain di kawasan itu. Memang, hingga kini Iran belum memiliki pangkalan militer resmi di negara kawasan Timur Tengah.

Murka Iran dan Ancaman Perang Dunia III

Kapal perang Iran secara teratur mengunjungi pelabuhan negara sahabat, termasuk kunjungan ke Pelabuhan Durban, Afrika Selatan. Iran memiliki puluhan kapal perang dan kelas perusak dan kapal selam Kilo kelas. Militer Iran juga rutin mengirimkan kapal perangnya ke Teluk Aden untuk melakukan patroli dan memerangi kelompok bajak laut.

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut

5 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Main-main!

Direktori Dunia Kapal Perang Militer Modern atau World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) merilis daftar Global Naval Power Ranking. Ini angkatan laut terkuat.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024