Tak Lama Lagi, Thailand Akan Punya Raja Baru

Putra Mahkota Thailand, Pangeran Maha Vajiralongkorn.
Sumber :
  • REUTERS/Athit Perawongmetha/Files

VIVA.co.id – Thailand tengah mempersiapkan pengangkatan Putra Mahkota Pangeran Maha Vajiralongkorn sebagai raja yang rencananya digelar pada 1 Desember 2016.

Negara Ini Akan Kenalkan Bajaj Tanpa Sopir

Menurut Menteri Pertahanan, Prawit Wongsuwan, pengangkatan ini terjadi sekitar 1,5 bulan pascawafatnya Raja Bhumibol Adulyadej.

Berdasarkan prosedur, Kabinet Pemerintah Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha akan meminta ketua parlemen untuk mengundang Pangeran Vajiralongkorn agar ia dapat diumumkan sebagai raja baru Thailand.

Pemerintahan Junta Militer Thailand Resmi Dibubarkan

"Setelah ini kami akan memasuki proses di parlemen. Kami berharap dapat berlangsung dalam satu hingga dua hari ke depan," kata Wongsuwan seperti dikutip situs Reuters, Selasa, 29 November 2016.

Saat ini, Pangeran Vajiralongkorn tengah berada di Jerman, dan disebut-sebut akan kembali ke negeri Gajah Putih dalam pekan ini.

Prayut Chan-o-cha Kembali Terpilih jadi Perdana Menteri Thailand

Apabila sang pangeran menerima undangan parlemen Thailand, maka suksesi tersebut akan diumumkan ke publik. Meski begitu, hingga kini, parlemen Thailand enggan memberikan keterangan lebih lanjut.

Terpilihnya Pangeran Vajiralongkorn diharapkan bisa menggantikan ayahnya yang sudah memimpin Thailand selama 70 tahun. Sebelumnya, ia ingin menunda pengangkatan selama satu tahun untuk menghormati mendiang ayahnya.

Raja Bhumibol mangkat pada 13 Oktober 2016 pada usia 88 tahun. Sang raja memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas negara itu yang selama puluhan tahun didera konflik.

Langkah pemerintah ini diharapkan dapat menenangkan publik menyusul adanya kekhawatiran bahwa suksesi tidak akan berjalan sesuai rencana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya