Francois Hollande Tak Calonkan Lagi Jadi Presiden Prancis

Presiden Francois Hollande bersama Perdana Menteri Prancis Manuel Valls (kanan).
Sumber :
  • REUTERS/Gonzalo Fuentes

VIVA.co.id – Presiden Prancis Francois Hollande (62) mengumumkan, pada Kamis, kalau dirinya tidak akan mencalonkan diri lagi pada pemilihan presiden 2017.

Meski Diprotes, Emmanuel Macron Lanjutkan Perubahan Skema Pensiun

"Saya telah memutuskan bahwa saya tidak akan menjadi kandidat," kata Hollande, seperti dikutip situs Anadolu Agency, Jumat, 2 Desember 2016.

Ia menyampaikan keputusan tersebut diambilnya dengan penuh rasa tanggung jawab dan diharapkan menjadi awal yang progresif. Hollande berasal dari Partai Sosialis.

Paris Dilumpuhkan Aksi Mogok, Turis Diminta Jauhi Menara Eiffel

"Apa yang dipertaruhkan bukan orang, tapi masa depan negara ini. Saya tidak ingin Prancis mengekspose diri untuk petualangan yang berbahaya," tuturnya.

Keputusan Hollande untuk tidak mencalonkan diri lagi menjadi presiden selanjutnya ini merupakan yang pertama dalam sejarah Pilpres Prancis.

Prancis Akan Bangun Komando Militer Ruang Angkasa

Tak pelak, langkah ini berpotensi membuka jalan bagi Perdana Menteri Manuel Valls untuk maju menjadi 'Prancis-1'.

"Dalam beberapa bulan mendatang, hanya tugas saya adalah untuk terus memimpin negara dengan mandat. Anda memilih saya tahun 2012," ujar presiden Prancis periode 2012-2017 ini.

Pemilihan Presiden Negeri Menara Eiffel ini berlangsung selama dua putaran, akan diselenggarakan pada 23 April dan 7 Mei 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya