Putin Sebut Trump Sosok Pintar dan Bertanggung Jawab

Presiden Rusia, Vladimir Putin.
Sumber :
  • REUTERS/Sergei Karpukhin

VIVA.co.id – Presiden Rusia Vladimir Putin memuji Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump sebagai sosok yang pintar dan cepat memahami tanggung jawab barunya.

Sumber AS Sebut China Bakal Bantu Militer Rusia dalam Perang Ukraina

"Trump adalah seorang pengusaha dan pebisnis sukses. Saat ini sebagai seorang negarawan sekaligus pemimpin baru Amerika Serikat, salah satu negara terkemuka di dunia," ujar Putin seperti dikutip Reuters, Senin, 5 Desember 2016.

Tak hanya itu, Putin menyatakan harapannya kepada Trump yang akan membantu memulihkan hubungan bilateral kedua negara yang sempat memanas.

Perkembangan Perang Ukraina-Rusia, Perundingan Damai Berlangsung Panas

"Karena dia telah mencapai keberhasilan dalam bisnis itu menunjukkan bahwa ia adalah orang yang pintar. Jika dia pintar, akan bertanggung jawab dan cukup cepat memahami tingkat lain dari tanggung jawabnya. Asumsi kami bahwa ia akan bertindak tegas," Putin menambahkan.

Komentar Putin tampaknya menjadi sebuah pernyataan untuk mengatasi kritik dari lawan Trump yang mengomentari tindakan "tidak biasa" Trump sejak pemilu 8 November lalu.

Kabur dari Perang, Tentara Rusia Bakal Dibunuh Pasukan Khusus Putin

Baru-baru ini, China mengajukan protes diplomatik setelah Trump berbicara langsung melalui sambungan telepon dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Langkah ini merupakan kali pertama yang dilakukan seorang pemimpin Paman Sam terpilih, sejak Jimmy Carter mengalihkan pengakuan diplomatik dari Taiwan ke China pada 1979.

Berbicara tentang hubungan Rusia dengan Barat, Putin mengatakan upaya untuk menciptakan sebuah dunia unipolar telah gagal.

"Situasi telah berubah. Saya pikir itu bukan rahasia kepada siapa pun. Semua orang melihatnya bahwa mitra kami sudah memilih tetap pada prinsip hukum internasional, karena keseimbangan dunia secara bertahap sedang dipulihkan," tutur Putin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya