Sembilan Bulan 'Hilang', Istri Kim Jong-un Tampil di Publik

Ri Sol-ju (kiri) bersama Kim Jong-un.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id – Ri Sol-ju, istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, tampil di muka publik setelah sembilan bulan 'menghilang'.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Bersama sang suami, Sol-ju hadir dalam sebuah atraksi latihan tempur yang dilakukan oleh Angkatan Udara dan Pertahanan Korut (KPAF).

Ini adalah penampilan publik pertama Sol-ju setelah absen selama sembilan bulan. Terakhir kali ia terlihat menghadiri sebuah acara publik bersama Jong-un pada 28 Maret lalu.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Rumor beredar bahwa ia tengah hamil. Menurut Toshimitsu Shigemura, guru besar Universitas Waseda, Tokyo, yang mempelajari gaya kepemimpinan Pyongyang mengatakan bahwa ketidakstabilan di negeri paling tertutup itulah yang membuat Sol-ju terpaksa disembunyikan.

"Ada laporan mengenai ketidakstabilan di Pyongyang. Bahkan, beberapa percobaan serangan oleh faksi militer di tubuh Angkatan Bersenjata Korea Utara untuk melawan Kim tahun lalu. Kemungkinan kuat Ri tidak muncul ke publik karena dalam penjagaan ketat," ujar Shigemura, seperti dikutip Sputniknews, Senin, 5 Desember 2016.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Meski demikian, penampilan Jong-un dan Sol-ju di depan publik bersama-sama lebih sering daripada pendahulunya. Pada masa pemerintahan Kim Jong-Il dan Kim Il-sung, keduanya menyimpan rapat-rapat istrinya dari mata publik.

Pada penampilan KPAF tersebut, AU Korea Utara menampilkan kecakapan taktis tingkat tinggi dan kemampuan untuk mengalahkan semua musuh dalam lingkungan tempur nyata.

Usai latihan udara, Jong-un mengatakan bahwa pentingnya siap siaga untuk menyerang musuh setiap saat jika perintah diberikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya