06-12-1992: Masjid Bernilai Sejarah Dihancurkan di India

Masjid Babri atau Babur di India.
Sumber :
  • Places of Peace

VIVA.co.id – Hari ini 24 tahun silam. Kelompok garis keras Hindu merobohkan Masjid Babri atau Babur yang bernilai sejarah di kota Ayodhya, India. Hal ini memicu kekerasan antara masyarakat Hindu dan Muslim yang menyebabkan lebih dari 3.000 orang tewas.

Berteman dengan Muslim, 2 Siswi India Diserang

Ketika itu, seperti dikutip situs BBC, sekitar 200 ribu masyarakat Hindu berkumpul di depan masjid yang dibangun abad XVI oleh Kaisar Mughal bernama Babur, dan berencana untuk menghancurkannya.

Perdana Menteri India saat itu, Narasimha Rao, menyesalkan peristiwa ini dan menyatakannya sebagai “tindakan sangat memalukan bagi rakyat India”. Pascatragedi berdarah itu, LK Advani, Ketua Partai Oposisi Bharatiya Janata, mengundurkan diri.

Pacaran dengan Muslim, Remaja India Ditampar Pimpinan Partai

Kelompok ekstremis Hindu telah berkampanye untuk menghancurkan Masjid Babri lantaran dahulu merupakan Kuil Dewa Rama - reinkarnasi dari Dewa Wisnu dan penguasa Ayodhya yang kemudian dihancurkan oleh Panglima Perang Muslim Babur atau Mir Baki.

Namun, klaim tersebut tidak didukung oleh fakta sejarah yang akurat. Sebelum 1940-an, masjid ini dinamakan Masjid-i Janmasthan (masjid tempat kelahiran). Masjid ini berdiri di Bukit Ramkot (disebut juga Janmasthan atau tempat kelahiran).

Gara-gara Seekor Sapi, Dua Orang Muslim Dihukum Gantung

Masjid Babri adalah salah satu masjid terbesar di Uttar Pradesh, sebuah negara bagian India yang memiliki populasi Muslim 31 juta orang, dan dianggap yang terbesar karena lokasi berdirinya di wilayah sengketa.

Sapi di India adalah hewan suci yang dikeramatkan.

Bawa Daging Sapi, Pria Muslim India Dikeroyok Sampai Mati

11 Pelaku dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2018