Ketua MPR dan Parlemen Iran Siap Bantu Rohingnya-Palestina

Ketua Parlemen Iran Ali Larijani dan Ketua MPR Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Iran dan Indonesia sepakat bekerja sama meningkatkan peran aktif untuk mempercepat kemerdekaan Palestina serta mengupayakan perlindungan bagi komunitas Rohingnya di Myanmar.

Aksi Doa untuk Gaza, HNW: Israel Pernah Kalahkan 3 Negara tapi Tak Bisa Kalahkan Pejuang Palestina

Kesepakatan itu merupakan salah satu hasil pertemuan Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani di Kantor Parlemen Iran di Teheran, Senin 5 Desember 2016 waktu setempat. 

"Isu Rohingnya dan Palestina harus mendapat perhatian khusus dari saudara saudaranya sesama muslim. Parlemen Indonesia dan Iran sepakat terlibat aktif upayakan kemerdekaan Palestina dan perlindungan untuk Rohingnya," ujar Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulisnya.

4 Negara Eropa Ini Bersumpah Siap Akui Palestina sebagai Negara Merdeka, Ini Alasannya

Ketua MPR juga menyampaikan iktikad baik Indonesia untuk terlibat aktif menciptakan perdamaian di Timur Tengah, yang sampai saat ini dilanda konflik berkepanjangan. Dan iktikad baik itu mendapat direspons positif oleh Iran.

"Bersyukur iktikad baik Indonesia disambut baik Parlemen Iran. Semoga dengan kerja sama Indonesia dan Iran ini, Timur Tengah yang damai, aman dan stabil bisa terwujud," ujarnya menambahkan.

Menlu Arab Saudi Tegaskan Tak Ada Normalisasi Hubungan dengan Israel Tanpa Kemerdekaan Palestina

Melalui pertemuan antarKetua Parlemen ini, Iran dan Indonesia juga sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral antarkedua negara di bidang ekonomi, politik, maupun sosial budaya. 

"Iran dan Indonesia sama-sama negara mayoritas muslim yang ekonominya sedang tumbuh. Ini momentum yang baik untuk tingkatkan kerja sama di bidang ekonomi, politik maupun budaya seperti pertukaran pelajar atau pemberian beasiswa bagi mahasiswa kedua negara," ujar Zulkifli.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya