Jepang Pastikan Kunjungan Abe ke AS Bukan untuk Minta Maaf

Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVA.co.id – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengunjungi Pearl Harbor bulan ini. Ini adalah kunjungan pertama dari pemimpin tertinggi Jepang.

Jokowi: Terima Kasih Shinzo Abe, Semoga Anda Sehat Selalu

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan, tujuan Abe melakukan kunjungan pada 26-27 Desember  adalah untuk menghibur jiwa-jiwa yang tewas karena perang. Abe berharap kunjungannya bisa memperlihatkan bahwa Jepang dan AS, yang dahulu saling berperang kini sudah menjalin hubungan lagi.

"Kunjungan tersebut, adalah demi jiwa-jiwa yang meninggal dalam perang, bukan demi permintaan maaf," ujar Suga seperti dikutip dari Reuters, 6 Desember 2016.

Daftar Calon Kandidat Perdana Menteri Jepang, Pengganti Shinzo Abe

"Saya pikir kunjungan Perdana Menteri akan menjadi sebuah kesempatan untuk memberi pesan, bahwa bencana perang tak harus diulang, dan untuk mengekspresikan nilai-nilai rekonsiliasi antara Jepang dan Amerika Serikat," ujarnya menambahkan.

"Rencana untuk mengunjungi Pearl Harbor telah disampaikan sejak Obama melakukan kunjungan ke Hiroshima. Ini sebagai sikap simbolik dari AS dan Jepang untuk mengubur masa lalu," ujar Gerry Curtis, pengamat dari Columbia University. 

PM Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri karena Sakit

"Ini akan mengirim pesan ke China soal kuatnya hubungan AS dan Jepang saat ini, dan ini mungkin juga mengirim pesan yang sama kepada Trump," ujarnya.

Sebelumnya, pada bulan Mei 2016, Presiden AS Barack Obama juga melakukan kunjungan ke Hiroshima. Saat itu, Obama juga mengatakan bahwa kunjungannya bukan untuk meminta maaf. Namun untuk menyampaikan pesan bahwa Jepang dan AS sudah kembali menjalin hubungan.

picture-alliance/dpa/Kyodo

Tiga Kandidat PM Jepang Mulai Gencar Berkampanye

Kontestasi pemilihan PM Jepang pengganti Shinzo Abe dimulai.

img_title
VIVA.co.id
9 September 2020