Ucapan Ulang Tahun JK untuk Kaisar Jepang

Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri ulang tahun Kaisar Jepang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri resepsi Ulang Tahun Kaisar Jepang ke-83 yang diadakan di Hotel Mulia Senayan, Selasa malam, 6 Desember 2016. Pada kesempatan tersebut, Jusuf Kalla menyampaikan ucapan selamat dan harapannya atas hubungan bilateral kedua negara.

Dapat Penghargaan dari Pemerintah Jepang, Akbar Tandjung: Ini Suatu Kehormatan

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun. Semoga persahabatan antara Indonesia dan Jepang terus berlanjut. Saya juga sangat yakin hubungan persahabatan ini akan terus bertumbuh dan membawa manfaat bagi masyarakat di kedua negara," kata Jusuf Kalla dalam sambutannya di Jakarta.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, pada sambutannya pun menyatakan hubungan bilateral kedua negara dalam beberapa waktu terakhir terus meningkat. Salah satunya adalah satu juta orang Indonesia yang mempelajari Bahasa Jepang.

Jepang Ingin Perkuat Kemitraan RI, Sepakat Stabilisasi Indo-Pasifik

"Sejalan dengan peningkatan tajam investasi Jepang di Indonesia, jumlah pekerja Indonesia di perusahaan-perusahaan Jepang pun meningkat hingga lebih dari satu juta orang," ungkap Yasuaki.

Salah satu faktor yang mendorong peningkatan ini adalah diterapkannya program bebas visa, yang berimbas meningkatnya jumlah pengunjung ke Jepang hingga dua digit setiap tahunnya, selama beberapa tahun terakhir ini.

Ketemu Jokowi, PM Suga Pastikan Jepang Percepat Investasi ke Indonesia

"Hubungan antara Jepang dan Indonesia adalah bukti nyata kekuatan bilateral yang dibangun di atas landasan persahabatan. Hal ini menjadi panutan yang baik dalam membantu stabilitas di kawasan ini," tegasnya.

Pada perayaan Ulang Tahun Kaisar sekaligus National Day Jepang ini, Kedubes Jepang menyiapkan berbagai hal menarik salah satunya adalah mendatangkan teh hijau khusus dari Prefektur Shizuoka, yang merupakan daerah perkebunan teh di Jepang.

Berbagai makanan khas seperti sashimi ikan, sashimi gurita dari daerah Prefektur Hyogo pun dihidangkan. Perayaan ini pun diharapkan dapat semakin meningkatkan ketertarikan masyarakat Indonesia dengan Jepang dan saling bertukar kebudayaan yang bermanfaat bagi kedua negara. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya