Mantan Sekjen PBB Puji Indonesia Soal Penanganan Rakhine

Tragedi Rakhine.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan menyambut baik langkah pemerintah Indonesia, yang memberikan bantuan kemanusiaan serta pembangunan inklusif di Rakhine state. Hal ini disampaikan usai pertemuan Menlu RI Retno Marsudi dengan State Counselor Myanmar, Aung San Suu Kyi di Naypyidaw.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

"Kofi Annan sambut baik langkah Indonesia yang memberikan bantuan kemanusiaan dan pembangunan di Rakhine. Kofi Annan sebagai Ketua Advisory Committee penyelesaian masalah di Rakhine State juga menyampaikan langkah yang telah dilakukan," ujar Retno usai bertemu dengan Kofi Annan di Bali, melalui akun twitter Kemlu, Rabu 7 Desember 2016.

Seperti diketahui pada Selasa malam kemarin, Menlu RI terbang ke Myanmar dan menyampaikan keprihatinan Indonesia terkait situasi yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar. Indonesia berharap pemerintah Myanmar menjunjung tinggi penghormatan dan perlindungan HAM kepada seluruh masyarakat secara adil.

Menlu Retno Sebut Indonesia Ingin Afghanistan Jadi Negara Damai

Selain itu, Indonesia telah menyumbang untuk membangun enam sekolah di Rakhine. Sementara untuk meningkatkan toleransi dan harmoni masyarakat di Rakhine, Indonesia dan Myanmar sepakat untuk meningkatkan kerja sama dialog antar iman. Indonesia juga akan meneruskan bantuan kapasitas kepada Myanmar di bidang good governance, demokrasi dan HAM.

Sementara itu kedatangan Kofi Annan ke Indonesia adalah untuk menjadi salah satu pembicara dalam gelaran Bali Democracy Forum pada tanggal 8-9 Desember 2016. Setidaknya sekitar 60 negara akan hadir dalam kegiatan BDF tahun ini.

Alasan Evakuasi WNI di Afghanistan Pakai Pesawat TNI AU
Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022