Gempa Aceh, Palang Merah China Sumbang Rp1,34 Miliar

Salah satu ruas jalan di Kabupaten Pidie Jaya Aceh yang terbelah usai dilanda gempa bumi berkekuatan 6,5 SR pada Rabu (7/12/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Palang Merah China menyumbangkan US$100 ribu atau Rp1,34 miliar ke Indonesia untuk korban gempa bumi 6,5 SR di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, yang terjadi pada Rabu pagi, 7 Desember 2016.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Dana tersebut disalurkan ke Palang Merah Indonesia, yang nantinya akan digunakan untuk memperbaiki fasilitas umum dan rekonstruksi pascagempa bumi.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada pemerintah Indonesia atas terjadinya gempa bumi di provinsi paling barat tersebut.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Ia juga berharap pemerintah Indonesia bisa melalui ujian ini dengan kuat dan rakyat Indonesia secara bergotong-royong bisa bangkit kembali dan membangun rumah mereka.

"Saya yakin dengan sikap kepemimpinan pemerintah Indonesia yang kuat, bencana ini bisa dihadapi dan dilalui," kata Yi, dalam keterangannya, Kamis, 8 Desember 2016.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) mengguncang tiga Kabupaten di Provinsi Aceh, Rabu 7 Desember 2016. Hingga Kamis malam, 102 korban jiwa dilaporkan meninggal dunia dan 3.267 jiwa mengungsi yang tersebar di 11 titik. Yang di antaranya berada di Kecamatan Meurah Dua dan Kecamatan Meureudu.

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023