Gempa Aceh, Jepang Sampaikan Belasungkawa untuk Indonesia

Warga menyaksikan puing bangunan pasar Meuredu yang rubuh akibat gempa di Pidie Jaya, Aceh, Kamis (8/12/2016).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Pemerintah Jepang menyampaikan belasungkawa atas terjadinya gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh pada Rabu 7 Desember 2016. 

Dapat Penghargaan dari Pemerintah Jepang, Akbar Tandjung: Ini Suatu Kehormatan

Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida menyampaikan pesan duka cita pemerintah Jepang kepada Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. 

"Saya ingin menyampaikan simpati tulus kepada pemerintah dan rakyat Indonesia atas kerusakan yang diakibatkan gempa di Aceh," kata Kishida dalam keterangan tertulisnya, Kamis 8 Desember 2016. 

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Kishida menegaskan, pemerintah Jepang siap membantu apa yang diperlukan pemerintah Indonesia. 

"Saya juga ingin menyampaikan belasungkawa terdalam dan doa terbaik saya agar warga yang terdampak bisa cepat sembuh dan pemulihan segera dari kerusakan," kata dia. 

Jepang Ingin Perkuat Kemitraan RI, Sepakat Stabilisasi Indo-Pasifik

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) mengguncang tiga Kabupaten di Provinsi Aceh, Rabu 7 Desember 2016. Hingga Kamis malam, 102 korban jiwa dilaporkan meninggal dunia dan 3.267 jiwa mengungsi yang tersebar di 11 titik. Yang di antaranya berada di Kecamatan Meurah Dua dan Kecamatan Meureudu.

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023