ASEAN Mitra Penting Kanada Basmi Kejahatan Transnasional

Logo Interpol.
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVA.co.id – Kanada merupakan salah satu mitra penting ASEAN dalam melawan kejahatan transnasional. Kerja sama ini antara lain dalam bidang keamanan siber, keamanan perbatasan yang efisien dan antiperdagangan manusia.

Kanada Jadi Negara G20 Pertama yang Larang Perdagangan Sirip Hiu

Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Marie-Louise Hannan mengatakan, beberapa waktu terakhir kerja sama ini dilakukan melalui penyelenggaraan pelatihan pasukan Kepolisian antarnegara (interpol), yang ditujukan untuk pembentukan sistem komunikasi yang baik dan efisien. Menurutnya, pelatihan seperti ini sangat bermanfaat untuk penanganan terorisme secara terpadu.

"Jadi jika ada suatu aktifitas ilegal yang terjadi di suatu negara, maka pihak Kepolisian ini bisa berkoordinasi dan berbagi informasi penting untuk ditangani bersama. Pihak Kepolisian ini harus punya peralatan dan instruksi yang tepat," ujar Hannan kepada awak media di kawasan Jakarta Selatan, Jumat 9 Desember 2016.

Arab Saudi Usir Dubes Kanada dan Putuskan Hubungan Dagang

Pada bulan Mei lalu, Hannan mengaku sempat menghadiri Upacara Pembukaan Pelatihan Kepolisian, di mana pada kesempatan tersebut setiap perwakilan dari berbagai negara hadir dan membahas bagaimana menggunakan peralatan dengan baik dan berbagi informasi mengenai bagaimana menangani terorisme dengan baik.

"Setiap orang pasti ingin memiliki rasa aman dan pasti mereka ingin dijaga oleh orang-orang yang mereka kenal. Jadi melalui pelatihan interpol ini, kita bisa menjaga perdamaian dan keamanan people to people di ASEAN," ujarnya menambahkan.

Setelah Tembak 9 Orang di Toronto, Pelaku Tewas

Tak hanya itu, Hannan pun mengakui bahwa Indonesia memiliki pasukan keamanan yang terlatih dan dilengkapi dengan perlengkapan memadai. Kesiapan ini sangat baik untuk menghadapi tantangan-tantangan baik di dalam negeri, maupun masalah keamanan di kawasan.

(mus)

Ilustrasi Gempa bumi di Pulau Vancouver Kanada

Pulau Tempat Tinggal Pangeran Harry di Kanada Diguncang Gempa

Gempa 4.5 SR itu terdeteksi di lepas pantai barat Vancouver

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2020