Australia Siapkan 1 Juta Dolar untuk Korban Gempa Aceh

Overload, Pasien Korban Gempa Dirawat di Lorong RSUD Pidie Jaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad Solihin

VIVA.co.id – Bantuan untuk korban bencana gempa darat di Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darusalam, tak hanya berdatangan dari dalam negeri saja. Pemerintah Australia menyatakan, telah menyiapkan bantuan kemanusiaan senilai satu juta dolar Australia.

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

"Saya mengumumkan Pemerintah Australia akan menyediakan $1 juta dalam bantuan kemanusiaan untuk membantu upaya Indonesia sendiri dalam menanggapi bencana gempa bumi di Aceh," kata Menteri Luar Negeri Australia,Julie Bishop di situs resminya foreignminister.gov.au , Sabtu, 10 Desember 2016

Menurut Julie Bishop, bantuan yang akan dikirimkan ke Aceh, lebih banyak berupa peralatan rumah tangga, tempat tinggal, fasilitas kesehatan, obat-obatan dan air bersih.

Hari Bakti Transmigrasi, Kemendes Gelar Istighotsah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

"Kami juga akan memberikan 1.500 peralatan rumah tangga dan peralatan kebersihan darurat, 2.200 terpal dan 100 tenda dan akan membantu 5.500 orang di daerah yang paling terkena dampak," ujarnya.

Bishop mengatakan, bantuan itu akan diserahkan ke Pemerintah Indonesia dan akan disalurkan melalui Palang Merah Indonesia.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

"Australia dan Indonesia memiliki sejarah panjang bekerja sama dalam respons bencana. Kami akan terus memantau situasi di Aceh, dan Pemerintah Australia siap untuk menanggapi permintaan tambahan untuk bantuan lebih dari Pemerintah Indonesia," ujarnya.

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Bencana gempa berkekuatan 7,8 yang menguncang Turki dan Suriah jadi perhatian dunia internasional. Ribuan orang meninggal imbas gempa Turki-Rusia.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023