Bus Pemerintah Suriah Pengangkut Warga Aleppo Dibakar

Bus-bus pemerintah yang dibakar setelah meninggalkan Aleppo.
Sumber :
  • Reuters/Ammar Abdullah

VIVA.co.id – Sejumlah bus yang melakukan perjalanan untuk mengevakuasi penduduk yang sakit dan terluka dari desa-desa di Suriah diserang dan dibakar pada Minggu, 16 Desember 2016. Pemerintah Suriah dan pemberontakan pun saling menyalahkan. 

Dua Mantan Vokalis Band Gelar Konser Peduli Aleppo

Menurut kantor berita Reuters, 18 Desember 2016, beberapa bus dan sejumlah ambulan dari kelompok Bulan Sabit Merah sudah mendekati pintu masuk Provinsi Idlib, namun perjalanan mereka dihadang oleh pemberontak.

Koalisi pasukan pendukung pemerintahan Bashar al Assad meminta agar warga sipil diijinkan keluar dan meninggalkan dua desa sebagai syarat pertukaran dan memungkinkan evakuasi antara pemberontak dan warga sipil di Aleppo Timur.

Tujuh WNI Diselamatkan dari Aleppo

Media pemerintah Suriah, mengatakan kelompok teroris bersenjata menyerang lima bus dan menghancurkan mereka. Namun para pemberontak mengatakan, justru penyerangan itu dilakukan oleh pasukan pro-pemerintah. 

Seorang warga di daerah tersebut mengatakan, penyerangan dilakukan oleh kelompok Front el Nusra, yang sebelumnya mengatakan tak setuju dengan rencana evakuasi warga sipil dari dua desa, al-Foua dan Kefraya. 

Gadis Cilik 'Pelapor' Perang Suriah Sudah Dievakuasi

(ren)

Situasi Suriah saat ini. 17 WNI diduga masih terjebak di wilayah perang tersebut.

Amerika Bantah Bom Masjid di Aleppo, Suriah

Menurut Pentagon, yang diincar adalah markas al-Qaeda, sebelah masjid.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2017