Merkel Sebut Terorisme Islam Sebagai Ujian Terberat

Kanselir Jerman, Angela Merkel.
Sumber :
  • Reuters/Stefanie Loos

VIVA.co.id – Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengakui terorisme Islam adalah ujian terberat bagi negaranya. Ia bersumpah akan mengetatkan undang-undang yang akan meningkatkan keamanan.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Pernyataan tersebut disampaikan Merkel saat menyampaikan pidato akhir tahun, Sabtu, 31 Desember 2016. Melalui pidatonya, Merkel mengatakan partainya, CDU, akan membuat platform untuk melindungi keamanan nasional Jerman. Langkah-langkah itu akan dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan keamanan Jerman. Terutama setelah sejumlah aksi terorisme terjadi di Jerman.

Merkel, dalam pidatonya, menyindir pemimpin partai AfD yang berulangkali menyindir kebijakan Merkel soal pengungsi. Menjelang pemilu, popularitas Merkel menurun, terutama setelah dia menolak membatasi jumlah pengungsi yang masuk ke Jerman. Merkel menegaskan, pengungsi yang sudah berada di Jerman berhak diperlakukan seperti warga lainnya.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

"Parlemen yang lebih memilih untuk fokus pada kepentingan beberapa orang, dan bukan kepentingan seluruh warga, menunjukkan adanya distorsi dalam parlemen tersebut," ujarnya.

Ia mengakui terorisme Islam sebagai ujian terberat. Namun sejauh ini belum ada rencana untuk menghentikan arus pengungsi yang masuk ke Jerman.

Aksi teror di Jerman terjadi pada 19 Desember 2016, saat seorang pencari suaka asal Tunisia menabrakkan truk ke kerumunan orang yang sedang berbelanja di pasar malam menjelang Natal. Kelompok militan ISIS lalu mengaku bertanggung jawab atas aksi yang menewaskan 12 orang dan melukai puluhan lainnya tersebut.

Munarman Tertawakan Tuntutan 8 Tahun Penjara: Kurang Serius

Pelaku akhirnya ditembak mati oleh polisi Italia di Milan pada 23 Desember. Kepolisian Jerman masih terus menyelidiki, apakah pelaku memiliki jaringan dengan kelompok Islam militan.

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023