Siap-siap, Korut Bakal Luncurkan Rudal Antarbenua

Pemimpin Korut Kim Jong-un dalam rapat akbar di ibu kota Pyongyang.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id – Di tengah gegap-gempita pergantian tahun, Korea Utara kembali mengeluarkan pernyataan kontroversi. Pemimpin Kim Jong-un mengatakan dalam waktu dekat bakal menggelar uji coba rudal balistik antarbenua atau Intercontinental Ballistic Missile (ICBM).

Park Bo Ram Dimakamkan Hari ini, Dihadiri Sederet Rekan Artis

"Penelitian dan pengembangan peralatan kami berjalan lancar dan sangat aktif. Persiapan uji coba rudal ICBM sudah tahap akhir," kata Kim, seperti dikutip Reuters, Minggu, 1 Januari 2017.

Memang, Korea Utara tengah bertekad menyelesaikan tahap akhir pengembangan senjata nuklir pada akhir tahun ini. Negeri Tirai Besi itu menegaskan tidak akan menyerahkan senjata nuklir ke negara mana pun, bahkan jika ditawari uang dalam jumlah besar.

Top Trending: Sosok Pendeta Gilbert Singgung Salat hingga Turis Korea Lakukan Aksi Tak Senonoh

Bagi Pyongyang, 2017 adalah waktu yang tepat ketika Korea Selatan dan Amerika Serikat akan memiliki presiden baru. Karena prosedur politik dalam negeri, Korea Utara telah menimbang jika kedua negara tersebut tidak akan dapat mengambil tindakan fisik atau militer untuk mencegah pengembangan nuklir.

Seperti diketahui, Korea Utara tengah menguji serangkaian rudal balistik pada tingkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang tahun lalu. Meski demikian, beberapa ahli menilai pengembangan rudal ICBM yang bisa mencapai AS membutuhkan beberapa tahun persiapan.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Diplomat Tinggi Korea Utara yang baru-baru ini membelot ke Korea Selatan, Thae Yong-ho, membeberkan rencana Kim Jong-un yang rela mengeluarkan banyak dana demi pengembangan senjata nuklir.

"Selama Kim Jong-un berkuasa, Korea Utara tidak akan menghentikan senjata nuklirnya. Bahkan, jika ditawari uang sebesar US$1 miliar hingga US$10 miliar sebagai gantinya. Ini bukan soal insentif (ekonomi)," ujar Yong-ho.

Pemeran drama Low Life

Drama Low Life Tentang Rahasia Gelap dan Harta Karun Bakal Tayang 2025 Mendatang

Pecinta drama Korea akan kembali disuguhkan dengan judul baru yang dapat menemani dan menghibur waktu luang. Drama terbaru berjudul Low Life dijadwalkan akan tayang 2025.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024