ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Serangan Klub Malam Turki

Polisi sedang berjaga di depan klub malam Reina, Turki.
Sumber :
  • REUTERS/Umit Bektas

VIVA.co.id – Kelompok militan Daulah Islamiyah Irak dan al-Syam, atau ISIS, memberikan pernyataan bahwa mereka bertanggung jawab atas serangan teror penembakan klub malam Reina di Istanbul, Turki, yang menewaskan 39 orang dan 69 lainnya luka-luka.

Dua Orang Tewas Akibat Longsor Salju di Turki Timur

Mengutip situs Aljazeera, Senin 2 Januari 2016, kelompok ekstremis ini mengaku dalam melanjutkan operasi yang diberkati, negara Islam sedang melakukan perlawanan terhadap negara pelindung salib, yakni Turki.

"Seorang jihadis heroik menyerang, dengan menembakkan senjata otomatisnya sebagai pembalasan dari agama Tuhan dan menjalankan perintah dari pemimpin Negara Islam, Abu Bakr al-Baghdadi. Dia menghancurkan klub malam paling terkenal, di mana orang-orang Kristen merayakan hari raya murtad mereka," bunyi keterangan ISIS.

8 Fakta Menarik Hagia Sophia, Museum Jadi Masjid di Istanbul Turki

Sebelumnya, pemerintah Turki meyakini penyerang klub malam tersebut terkait dengan ISIS. Meski begitu, belum ada komentar resmi dari pihak berwenang Turki atas klaim ISIS ini.

Serangan maut itu terjadi empat bulan, setelah militer Turki terlibat dalam perang melawan ISIS di Suriah, dan pemberontak Kurdi di perbatasan. Penembakan di klub malam Reina, makin mengguncang Turki, yang sebelumnya diguncang kudeta gagal 15 Juli lalu dan berbagai pembomban maut di berbagai kota, termasuk Istanbul, serta ibu kota Ankara.

10 Fakta Kehidupan di Turki, No 9 Bikin Geleng Kepala

Sebanyak 16 dari 39 orang yang tewas adalah warga negara asing. Mereka berasal dari Arab Saudi, Maroko, Lebanon, Libya, Israel, India, Belgia, dan Prancis.

Klub Reina terletak di tepi Selat Bosphorus. Kelab ini menjadi kelab malam paling terkenal di Istanbul. Saat serangan terjadi, banyak pengunjung yang melompat ke Selat Bosphorus untuk menghindari serangan. (asp)

Istanbul

8 Fakta Menarik Tentang Kota Istanbul, Bukan Ibu Kota Turki?

Istanbul dikenal sebagai salah satu kota di dunia yang terkenal dengan sejarahnya dan letaknya yang unik antara Timur dan Barat, baik secara geografis dan budaya.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2022