Kapal Induk RRC Latihan Perang di Laut China Selatan

Pesawat tempur China, J-15, mendarat di Kapal Induk Liaoning.
Sumber :
  • REUTERS/Xinhua/Zha Chunming

VIVA.co.id – Kapal Induk China, Liaoning, tengah melakukan latihan militer rutin di wilayah perairan Laut China Selatan. Gugus tempur Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China ini sebelumnya melewati bagian selatan Taiwan dan memicu ketegangan antara kedua belah pihak.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Angkatan Laut China memandang bahwa Liaoning bersama kapal perang lainnya yang berlayar melewati pantai timur Taiwan sesuai dengan hukum internasional.

Sementara itu, pesawat tempur J-15 yang juga tergabung dalam latihan terpadu tersebut melakukan manuver apa yang disebut dengan 'kondisi laut yang sangat kompleks'.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Menurut kantor berita Reuters, Selasa 3 Januari 2017, latihan militer ini dilakukan saat ketegangan antara China dan Taiwan meningkat, usai percakapan telepon yang dilakukan Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump dengan Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen.

Tak hanya itu, China juga dibuat berang oleh patroli Angkatan Laut AS di dekat pulau yang diklaim di Laut China Selatan. Ujungnya, kapal AL China juga menyita drone bawah air AS, sebelum akhirnya dikembalikan.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Pada Desember 2016, China melakukan latihan militer pertamanya juga dengan menggunakan Liaoning dekat Semenanjung Korea. Dari situ, kapal induk satu-satunya China ini akan melakukan latihan serupa di wilayah Pasifik Barat.

Seperti diketahui, China mengklaim sebagaian besar wilayah Laut China Selatan di mana sekitar US$5 triliun perdagangan melewati wilayah tersebut setiap tahunnya. Beberapa negara sekitar seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam, turut mengklaim atau perairan tersebut.

Senada dengan Taiwan, pihak Jepang juga mengatakan salah satu kapal pertahanan maritim dan pesawat patroli P3C Orion telah melihat iring-iringan enam unit kapal Angkatan Laut China, termasuk Liaoning, melalui kawasan Laut China Timur.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya