Fiji Diguncang Gempa Bumi 7,0 SR

Ilustrasi/Gempa bumi.
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id –  Gempa bumi melanda Fiji. Gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter itu terjadi sekitar pukul 04.52.29 WIB, Rabu 4 Januari 2017. Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 19,39 LS 176,06 BT, tepatnya di laut pada jarak 221 kilometer arah barat daya Fiji pada kedalaman 10 km.

Taiwan Kena Gempa, Audi Marissa Khawatirkan Keluarga Anthony Xie

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) yang berpusat di Hawaii memberikan informasi bahwa gempa tersebut kemungkinan berdampak menimbulkan tsunami lokal di sekitar pusat gempa bumi.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tersebut menimbulkan ancaman tsunami lokal di sekitar pusat gempa bumi, tetapi tidak berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

"Oleh karena itu, kepada masyarakat pesisir di wilayah Indonesia, diimbau agar tetap tenang," ujar Daryono.

Dijelaskannya, gempa bumi Kepulauan Fiji ini, merupakan jenis gempa bumi dangkal yang dipicu aktivitas penyesaran kerak Samudera, dengan mekanisme sesar turun (normal fault) di sebelah utara jalur South New Hebrides Trench. (asp)

Gempa Bumi Taiwan Picu Tsunami, Bagaimana Dampaknya ke Indonesia
Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Gempa bumi dengan kekuatan awal magnitudo 6,0, mengguncang timur laut Jepang, pada Kamis siang, 4 April 2024. Hal tersebut disampaikan oleh badan cuaca negara itu.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024