Klarifikasi Wartawan Bloomberg soal Predikat Terbaik Jokowi

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Menjelang akhir 2016, sejumlah media nasional memberitakan Presiden Joko Widodo didapuk sebagai pemimpin terbaik se-Asia dan Australia oleh Bloomberg.

Dukung UMKM Indonesia, BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes

Namun, penulis berita tersebut, David Tweed, membantah telah menyebut Jokowi sebagai kepala negara terbaik. Dalam artikel di situs Bloomberg yang ditulis Tweed berjudul, "Who's Had the Worst Year? How Asian Leaders Fared in 2016, And some of the headaches they face in 2017".

Dalam tulisannya, Tweed memang tidak menyebut satu pun pemimpin sebagai yang terbaik. Dia hanya me-review kinerja para pemimpin dunia sepanjang 2016, serta tantangan yang mungkin dihadapi pada 2017.

Dirut BRI Ungkap 2 Faktor yang Bisa Selamatkan Indonesia dari Resesi di 2023

Seorang netizen bernama Dwi Nugroho melalui akun Twitter-nya mengonfirmasi langsung ke Twitter Tweed, @DavidTweed.

"Apakah Anda menuliskan bahwa Joko Widodo sebagai pemimpin Asia terbaik 2016? Kabar itu sedang menjadi rumor di Indonesia," bunyi cuitan Dwi dalam akunnya @dwinugr95989941, Rabu, 4 Januari 2017.

Sri Mulyani Ingatkan Risiko yang Intai Ekonomi Global, RI Siapkan Ini

"Tidak," jawab Tweed, singkat. "Ok, terima kasih. Cukup jelas," kata Dwi, membalas cuitan Tweed.




Sebelumnya diberitakan, Jokowi menjadi satu-satunya pemimpin di Asia dan Australia yang memiliki performa positif dalam seluruh aspek.

Aspek yang dimaksud berdasarkan fluktuasi nilai tukar rupiah dengan 2,41 persen, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,02 persen, serta peringkat penerimaan publik mencapai 69 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya