Pajak untuk Beli Apartemen, Menkes Australia Dicopot

Bendera Australia
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Menteri Kesehatan Australia, Sussan Ley, diberhentikan sementara dari jabatannya setelah tersangkut kasus penyalahgunaan pajak. Ia dituduh menggunakan uang yang berasal dari pajak untuk membeli apartemen senilai US$795 ribu atau Rp7,8 miliar di Gold Coast, Queensland.

PM Australia Menahan Tangis soal Kasus Pemerkosaan Staf Parlemen

Dalam sebuah pernyataan, Ley mengatakan, dia tidak berharap untuk mundur secara permanen dari jabatannya. Selain itu, menurut dia, keputusan untuk membeli properti investasi selama perjalanannya pada Mei 2015 itu tak direncanakan.

"Saya sangat yakin penyelidikan ini akan membuktikan bahwa saya tidak bersalah. Saya tidak perlu menyembunyikan apa pun karena saya tidak melanggar aturan," ujar Ley, seperti dikutip BBC, Senin, 9 Januari 2017.

Cicit PM Australia Pertama Setuju Patung Kakek Moyangnya Ditumbangkan

Meski merasa keberatan, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan bahwa Ley setuju untuk mengundurkan diri tanpa digaji hingga menunggu hasil penyelidikan selesai. Kasus ini pun tengah diselidiki oleh Kementerian Keuangan, Kantor Perdana Menteri, dan Kabinet.

"Saya sangat mengharapkan standar tertinggi dari para menteri dalam semua aspek dan perilaku mereka, terutama dalam penggunaan dana publik," tutur Turnbull.

China Dituding Dalang Penghancuran Situs-situs Penting Australia
Presiden AS Joe Biden

Gagah Umumkan Aliansi dengan Inggris-Australia, Joe Biden Lupa Nama PM

Momen canggung tak menyebut nama PM Australia Scott Morrison diduga kuat karena lupa kemudian jadi sorotan media massa. Pidato Joe Biden soal AUKUS yang dibentuknya.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2021