Meksiko Tak Sudi Biayai Tembok Perbatasan Usulan Trump

Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto, dan Presiden AS, Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Henry Romero

VIVA.co.id – Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto, bersikeras tak akan membayar sepeser pun pembangunan tembok yang memisahkan negaranya dengan Amerika Serikat, seperti yang dikehendaki Presiden terpilih AS, Donald Trump. Namun, Trump ngotot bakal akan membangun tembok perbatasan itu walau harus butuh kerjasama Meksiko. 

Diserbu Imigran, Trump Ancam Kerahkan Militer AS ke Perbatasan Meksiko

Pada Rabu, 11 Januari 2017, Trump mengatakan, akan segera melakukan negosiasi finansial dengan Meksiko jika telah dilantik pada 20 Januari mendatang. Menanggapi pernyataan Trump yang disampaikan saat konferensi pers di New York, Pena Nieto mengatakan, Meksiko sangat siap untuk negosiasi perdagangan dan isu imigran dengan Washington.

"Dan Meksiko juga sangat terbuka untuk membicarakan peningkatan keamanan di perbatasan, namun Meksiko tak akan bersedia membayar sedikitpun untuk membangun tembok perbatasan," ujarnya seperti dikutip dari Sputnik, 12 Januari 2017.

Pengusiran Setan di Kereta Bawah Tanah Hebohkan Warga

Trump terus mengatakan bahwa ia akan membangun tembok perbatasan antara AS dan Meksiko jika ia terpilih menjadi presiden. Tindakan itu dilakukan untuk menghentikan imigran ilegal dari Meksiko yang menyeberang ke AS.

Ucapan Trump yang akan segera melakukan negosiasi untuk membangun tembok membuat nilai tukar mata uang Meksiko, Peso, terhadap dolar AS jatuh ke titik terendah pada Rabu, 11 Januari 2017.

Negaranya Rawan, Presiden Terpilih Meksiko Malah Tolak Pengawalan

(ren)

Penangkapan anggota kartel narkoba Meksiko.

Satu Orang Terbunuh Setiap 15 Menit di Negara Ini

Hampir 35.000 orang terbunuh di Meksiko pada 2019.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2020