6 Kota di Australia yang Paling Diminati Pelajar Indonesia

Kota Sydney, Australia
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVA.co.id – Australia tidak hanya menarik sebagai tujuan wisata, namun juga menjadi destinasi banyak pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu. Salah satu alasannya, Australia memiliki beberapa universitas yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik dunia.

Mau Liburan Sambil Kerja, Australia Siapkan 4100 Visa untuk WNI

Namun, selain memilih universitas, para pelajar juga harus mempertimbangkan faktor lain kota tujuan menempuh pendidikan. Antara lain, soal kenyamanan dan jarak dan biaya selama masa pendidikan.

Matthew Duckworth, konselor bidang ekonomi Kedutaan Besar Australia di Indonesia mengungkapkan, ada enam kota yang paling teratas urutannya dipilih oleh pelajar asing, yaitu Sydney, Perth, Melbourne, Adelaide, Brisbane, dan Canberra.

6 Warga China dan 2 WNI Ditahan Coba-coba Masuk Perairan Australia

"Untuk mahasiswa internasional, Sydney, Melbourne, dan Perth lebih populer dari kota lain. Tiga kota itu lebih besar dan ada komunitas internasional yang lebih besar juga. Selain itu, ada universitas besar dengan nama besar," kata Matthew, saat ditemui di sebuah acara di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selain tiga kota di atas, makin banyak mahasiswa melirik kota-kota lain seperti Adelaide, Brisbane dan Canberra. Di kota ini, prasarana dan layanan cukup memadai lengkap, sehingga memberi kenyamanan hidup bagi para pelajar asing.

Sosok Berkebaya Terukir di Monumen Perjuangan Australia, Siapa Dia?

"Ada banyak alasan enam kota tersebut pouler. Kota tersebut memberikan pengalaman hidup yang berbeda dari negara Asia, misalnya kualitas hidup Sydney, Brisbane, dan Perth yang dekat dengan pantai, ada taman banyak dan tidak ada kemacetan lalu lintas," imbuh Matthew.

Sementara itu, dari segi biaya hidup, menurut sebuah survei diungkapkan bahwa kota Adelaide, merupakan kota dengan biaya yang paling murah. Sedangkan Sydney, memiliki biaya hidup yang termahal. Meski begitu, biaya hidup di Sydney, masih lebjh murah jika dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya.

Penyebabnya, kata Matthew, Sydney memiliki sistem transportasi yang terintegritas dan tidak bergantung pada mobil, sehingga memudahkan pelajar dalam bepergian. Sedangkan di negara lain, kemudahan itu tak selalu ditemukan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya