Singgung Laut China Selatan, PM Abe Minta Dukungan RI

Presiden Jokowi bertemu PM Jepang Shinzo Abe.
Sumber :
  • REUTERS/Issei Kato

VIVA.co.id – Pertemuan bilateral antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dengan Presiden Joko Widodo membahas sengketa Laut China Selatan yang makin memanas.

Dapat Penghargaan dari Pemerintah Jepang, Akbar Tandjung: Ini Suatu Kehormatan

Abe mengatakan akan memberikan dukungan penuh terhadap ASEAN yang tahun ini berusia 50 tahun atau setengah abad, termasuk mendukung kepemimpinan Presiden Jokowi sebagai bagian penting dari ASEAN.

"Isu Laut China Selatan telah menjadi perhatian masyarakat internasional yang secara langsung mempengaruhi kedamaian kawasan. Kami kembali tegaskan pentingnya prinsip penegakan hukum dan penyelesaian sengketa secara damai," jelas Abe di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu, 15 Januari 2017.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

Ia juga mengatakan, penyelesaian konflik haruslah bersifat damai. Untuk itu, Abe melanjutkan Jepang siap menjalin kerja sama dengan ASEAN dan forum internasional lainnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya sempat menyinggung kerja sama di bidang kemaritiman. Mengingat, kedua negara adalah negara maritim. Namun, Jokowi tidak menyebut kerja sama itu apakah terkait Laut China Selatan atau tidak.

Jepang Ingin Perkuat Kemitraan RI, Sepakat Stabilisasi Indo-Pasifik

"Pembahasan kerja sama rencana sentra kelautan dan perikanan terpadu di pulau terdepan Indonesia," kata Jokowi. Konflik ini melibatkan China dan sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, Taiwan, dan Brunei Darussalam.

Indonesia dalam beberapa kesempatan sempat mengalami ketegangan di Laut Natuna, yang notabene kedaulatan RI. Pulau Natuna adalah pulau terdepan Indonesia di sisi barat, yang berhadapan langsung dengan Laut China Selatan.

Menlu Indonesia Retno Marsudi (Tangkapan Layar dalam Kemkominfo TV)

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi Indonesia agar berhasil menjalankan perannya sebagai ketua ASEAN 2023.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2023