5.000 Moge Siap 'Bentengi' Lokasi Pelantikan Trump

Presiden terpilih AS, Donald Trump
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVA.co.id – Lima ribu pengendara motor gede akan ikut memeriahkan pelantikan Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald John Trump, di ibu kota Washington DC.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Chris Cox (48), pengorganisasi reli bikers pro-Trump, mengatakan, ia akan melengkapi aksi tersebut dengan pertunjukan musik dan orasi. Ia menambahkan, jika para pengendara (riders) juga memiliki tujuan lain dalam aksi turun ke jalan itu.

"Jika dibutuhkan, kami akan membentuk 'dinding daging'. Kami siap menghadapi para demonstran anti-Trump, meski berbahaya sekali pun, yang mencoba menerobos pagar pembatas polisi," kata Cox, seperti dikutip situs Daily Mail, Senin, 16 Januari 2017.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Ia mengklaim "Bikers for Trump" memiliki 200 ribu anggota. Dengan jumlah sedemikian banyak, dia berharap para bikers akan menarik lebih banyak jutaan massa penggemar 'moge', terutama para veteran dan pekerja kerah biru (buruh) pendukung Presiden Trump.

Cox mendirikan kelompok ini sejak awal kampanye Trump dimulai. Ia juga menegaskan jika aksinya sama sekali tidak disokong oleh kandidat, yaitu Trump, mengaku terbentuk atas inisiatif mereka sendiri.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Meskipun para bikers dicitrakan sebagai golongan supremasi kulit putih, "Bikers for Trump" adalah kelompok multiras yang mendorong rekonsiliasi rasial.

Kendati demikian, Cox berharap transisi kekuasaan dari Barack Obama ke Trump berjalan damai dan timnya hanya menjadi "jalan terakhir" untuk menangani orang-orang yang menyerang kaum perempuan dan anak-anak.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022