50 Pabrik Makanan Palsu di China Digerebek

Salah satu produk bahan makanan yang dipalsukan di China.
Sumber :
  • BBC

VIVA.co.id – Hampir 50 pabrik di Kota Tianjing, China, tengah diselidiki lantaran memproduksi produk makanan palsu menggunakan bahan-bahan tidak layak pakai. Beberapa di antaranya diduga menggunakan bahan dan garam sisa industri.

Ratusan Juta Warga China Tetap Liburan di Tengah Pandemi COVID-19

Dilansir Channel News Asia, Selasa, 17 Januari 2017, beberapa produk lokal dan internasional populer yang dipalsukan antara lain seperti Lee Kum Kee, Haday, Nestle dan Knoor. Beberapa produk ini telah dijual ke beberapa negara.

"Produk senilai 100 juta yuan (setara Rp194 miliar) diproduksi setiap tahunnya di kota kecil Dulio, Jinghai, Tianjin. Beberapa produsen bahkan mendapat begitu banyak kekayaan dari produk palsu tersebut dan memungkinkan mereka untuk memiliki barang-barang mewah," tulis sebuah laporan yang diturunkan oleh South China Morning Post.

Seandainya Militer China Perang Udara Lawan India, Siapa yang Menang?

Berdasarkan penyelidikan ditemukan bahwa produsen menggunakan rempah dan bumbu seperti pekak, lada dan adas dari pabrik-pabrik pengolahan benih melon di dekat kota Wangkou. Bahan itu kemudian dikeringkan dan digiling menjadi bubuk, kemudian diolah di pabrik yang sangat tidak layak.

Bahan baku tersebut kemudian disimpan di sebuah tempat, yang bahkan lokasinya berada di dekat timbunan sampah. Penggunaan bahan pewarna ilegal juga diduga digunakan dalam proses produksi ini.

Dituding Berpihak, Luhut Beberkan Pengaruh China Bagi Ekonomi RI

Seorang wartawan yang mengunjungi kota industri Tianjin bersama pihak kepolisian beberapa waktu lalu juga menangkap beberapa orang, saat mereka tengah memproduksi produk palsu, untuk kemudian dilabeli dengan salah satu merk terkenal di China, Wang Shouyi.

Dalam beberapa waktu terakhir, China diguncang oleh serangkaian skandal keamanan pangan. Ditemukan sebanyak setengah juta pelanggaran keamanan pangan ilegal, dalam tiga kuartal pertama tahun lalu. Beberapa diantaranya karena iklan palsu, penggunaan produk palsu, serta bahan dan penjualan produk makanan dengan bahan terkontaminasi.

Penerapan protokol kesehatan COVID-19 di Bandara Soekarno Hatta.

Tiba di Bandara Soetta, 153 Warga China Langsung Dikarantina

Ratusan warga China ini begitu sampai di bandara langsung diperiksa dan dikarantina. Menghindari adanya penularan virus corona.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2021