India Ingin 'Ikat' ASEAN dengan Beragam Kerja Sama

Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir (empat dari kanan) bersama delegasi India dan ASEAN.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – India mendukung sentraliasasi ASEAN dalam urusan regional untuk mencapai perdamaian, kemajuan dan kemakmuran bersama.

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Duta Besar India untuk ASEAN, Suresh K. Reddy mengungkapkan, sentralisasi ini dianggap menjadi tonggak untuk menawarkan kesempatan baru dalam kemitraan strategis.

Seperti diketahui, formasi dari sentralisasi ASEAN sudah dilakukan sejak Desember 2015. "India sangat mendukung penuh formasi ini. India sebagai mitra penting dalam upaya mempersempit kesenjangan pembangunan di ASEAN, khususnya Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam," kata Reddy, di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2017.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

Ia pun mencontohkan, India dan ASEAN telah mengeluarkan rencana aksi baru (New Plan of Action) yang ambisius untuk periode 2016-2020. Di dalamnya terdapat rencana untuk memperluas dan memperdalam kemitraan strategis ke sejumlah sektor untuk mencapai kemakmuran.

Sektor-sektor yang dimaksud Reddy ini antara lain politik, ekonomi, keamanan dan sosial budaya. Ia mengaku bahwa saat ini India sedang menjalankan sejumlah proyek di beberapa negara ASEAN yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan pembangunan.

Myanmar Bebaskan Ratusan Tahanan Politik

Ia pun memberi contoh sektor ekonomi dan keamanan. "Kami contohkan sektor ekonomi. India dan ASEAN telah menandatangani Perjanjian Perdagangan Bebas untuk Barang tahun 2009 dan Jasa serta Investasi tahun 2015. Tujuannya membentuk kawasan perdagangan bebas," tuturnya.

Sementara, untuk bidang keamanan, India dan ASEAN menantikan kerja sama yang lebih erat dalam menangani isu-isu keamanan tradisional dan non-tradisional seperti keamanan siber, memperkuat bantuan kemanusiaan dan mitigasi bencana, membatasi illegal logging serta IUU Fishing

"Kami menyadari bahwa keamanan politik dan kerja sama ekonomi antara India dan ASEAN harus berjalan seirama dengan pemahaman dan integrasi yang lebih baik," kata dia.

Reddy menambahkan, beberapa program yang tengah dijalankan di bawah program Initiatives for ASEAN Integration antara lain sektor luar angkasa, pertanian, energi baru dan terbarukan, usaha kecil dan menengah, serta pariwisata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya