Tugas Perdana Dubes Baru AS di Indonesia, Kunjungi Pesantren

Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr (berbatik).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, baru Joseph R Donovan Jr, mengunjungi Pondok Pesantren Assalam di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis, 19 Januari 2017.

Mengenal Sung Yong Kim, Dubes Baru Amerika Serikat untuk Indonesia

Ini merupakan kunjungan perdana Donovan di Indonesia setelah resmi menjadi duta besar. Usai bertemu Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Dubes Donovan langsung mengunjungi Pondok Pesantren Modern Assalam di Kartasura, Sukoharjo.

Kedatangannya disambut para santri yang berbaris berdiri mulai dari pintu gerbang hingga gedung pertemuan. Setelah diterima para pengurus pesantren, Dubes Donovan mampir sebentar di ruang kantor Pondok Pesantren Modern Assalam, yang lokasinya dekat pintu gerbang.

Jokowi Terima 7 Duta Besar Asing Baru, Dubes AS Curi Perhatian

Selang beberapa menit, Dubes Donovan beserta rombongan langsung berjalan kaki menuju ruang aula yang berjarak sekitar 50 meter. Di dalam aula telah dipadati ribuan santri putra maupun putri yang menyambut kedatangannya.

Dalam sambutannya,  Donovan mengatakan, kunjungan ini merupakan kunjungan resminya keluar dari Jakarta setelah pada pekan lalu melakukan pertemuan resmi dengan Presiden Jokowi.

AS Klaim Investasinya Terus Meningkat di Indonesia

Bahkan, kata dia, Assalam adalah pesantren pertama yang dikunjunginya setelah menjadi duta besar. "Ini adalah pertemuan pertama saya yang dilakukan di luar Jakarta. Ini juga pesantren pertama kali yang saya kunjungi," ungkap Dubes Donovan, di depan para pengurus pesantren dan santri.

Ia juga mengungkapkan, kedatangannya ke pesantren ini merupakan kehormatan karena diterima baik dengan para pengurus maupun para santri. "Kami sangat tertarik sekali belajar lebih banyak tentang Indonesia, khususnya mengenai Islam dan mengenai pesantren serta para santri," papar dia.

Dubes Donovan mengaku kesan pertamanya ketika datang ke Indonesia adalah negara yang indah. "Selain indah, Indonesia merupakan negara yang sangat beragam dan sangat toleran," ujarnya.

Usai memberikan sambutan, giliran Dubes Donovan menjawab pertanyaan santri. Mayoritas santri menanyakan tentang cara supaya bisa menempuh pendidikan lanjutan dan beasiswa untuk bisa bersekolah di Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya