PM Kanada Justin Trudeau Tersandung Komisi Etik

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
Sumber :
  • Reuters/Chriss Wattie

VIVA.co.id – Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, kini berhadapan dengan Komisi Etik. Ia diduga terlibat dalam tindakan terkait konflik kepentingan.

Dukung Kemerdekaan Palestina, Kanada Ogah Jual Senjata ke Israel

Komisi Etik Kanada melakukan investigasi untuk memastikan apakah Perdana Menteri Justin Trudeau terlibat dalam tindakan konflik kepentingan setelah menghabiskan malam pergantian tahun di sebuah pulau di Bahama milik Aga Khan.

Diberitakan oleh South China Morning Post, Kamis 19 Januari 2017, Trudeau terus berhadapan dengan sejumlah pertanyaan dari kelompok oposisi mengenai perjalanannya ke Pulau Bell, sebuah pulau pribadi milik Aga Khan, yang berlokasi di taman nasional di Bahama. Trudeau mengatakan, ia mendatangi kepulauan tersebut menggunakan helikopter pribadi.

Atlet Cantik Indonesia Juara Renang Artistik di Kanada

Aga Khan adalah sebuah julukan untuk pemimpin dalam salah satu aliran Islam Syiah, Ismaili. Pemimpin Aga Khan saat ini adalah Pangeran Shah Karim Al Hussein, yang sudah lama menjadi sahabat keluarga Trudeau. Yayasan Aga Khan di Kanada tercatat sebagai pelobi bersama pemerintah dan eksekutif untuk bertemu dengan pegawai pemerintah yang terjadi pada Desember lalu.

Dan Trudeau sangat sering mengatakan bahwa Aga Khan sudah lama menjadi teman keluarganya. Ia bahkan ikut membantu mengusung jenazah ayah Trudeau, mantan Perdana Menteri Pierre Trudeau, saat akan dimakamkan.

Raksasa Dunia! Ini 10 Negara Terluas yang Menakjubkan

Penyelidikan terhadap Trudeau dimulai setelah Mary Dawson, seorang Komisioner Federal untuk Urusan Etik dan Konflik Kepentingan mengirimkan surat pada pemangku hukum Partai Konservatif. Melalui surat yang bertanggal 13 Januari itu, Dawson mengakui kekhawatirannya tentang potensi pelanggaran yang berkaitan dengan penggunaan helikopter pribadi serta perjalanan Trudeau  bersama keluarganya ke pulau pribadi Aga Khan.

Menurut The Guardian, 19 Januari 2017, Trudeau berada di pulau tersebut bersama politisi Partai Liberal Seamus O'Regan dan Presiden Partai Liberal Anna Gainey, yang juga memiliki hubungan keluarga dengannya. Mereka berangkat dari Nassau, ibu kota Bahama ke kepulauan terpencil tersebut.

Konflik Kepentingan dan Pedoman Etika yang menjadi panduan melarang Trudeau bepergian menggunakan pesawat pribadi milik sponsor, kecuali jika terjadi kondisi luar biasa. Pedoman tersebut juga melarang seorang menteri atau anggota keluarga menerima hadiah atau 'keuntungan' yang bisa menyebabkan pengaruh dalam keputusan pemerintah. Satu-satunya alasan yang diizinkan adalah jika yang memberikan hadiah tersebut adalah teman.

Jika terbukti, kasus ini bisa menjadi pukulan bagi Trudeau, yang saat ini sedang berada di posisi puncak. Apalagi, Partai Liberal yang mendukungnya juga terlibat dalam beberapa hal yang kontroversi, termasuk menteri kesehatannya yang menggunakan mobil mewah milik salah satu pendukung partai.

Menanggapi pernyataan Mary Dawson, kantor Perdana Menteri mengatakan, "Seperti yang disampaikan perdana menteri, kami sangat bahagia karena bisa terhubung dengan Komisi Etik, dan akan menjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan." (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya