Obama Pensiun

Mantan Presiden AS Barack Obama.
Sumber :
  • Reuters/Carlos Barria

VIVA.co.id – Pada hari Jumat siang waktu setempat, Barack Obama akan melepas masa jabatannya sebagai presiden Amerika Serikat. Obama dan keluarganya akan meninggalkan Gedung Putih, dan kembali menjadi warga biasa.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Hari terakhir Obama di Gedung Putih "dirayakan" dengan sejumlah tradisi. Obama akan meninggalkan Gedung Putih pada Jumat, 20 Januari 2017 sekitar pukul 08.30 pagi waktu setempat. Ia juga akan mengucapkan salam perpisahan pada sejumlah staf Gedung Putih.  Satu jam setelah itu, Obama bersama Joe Biden akan menjamu Trump dan Mike Pence dalam sebuah acara jamuan teh di Blue Room, ruangan megah tempat Obama biasa menerima tamu-tamu penting.

Setelah pelantikan Trump dan Pence, keluarga Obama dan Bidens juga akan melakukan hal serupa seperti apa yang dilakukan oleh mantan presiden AS George Walker Bush dan istrinya Laura . Mereka akan menjamu Presiden dan Wapres AS yang baru di sana.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Kemungkinan di pagi hari, Obama akan meninggalkan surat untuk Trump di Oval Office. Tahun 2009, Bush meninggalkan sepucuk surat untuk Obama. Surat tersebut bertuliskan: "Untuk #44, dari #43."

"Keberhasilan Anda saat ini adalah keberhasilan negara kita. Saya memberikan dukungan penuh untuk Anda. Jangan biarkan Turki mengalahkanmu," demikian tulis Bush untuk Obama.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Setelah pelantikan selesai, keluarga Obama akan diantar ke pangkalan Angkatan Udara AS Andrews dengan menggunakan helikopter. Mereka akan terbang ke Palm Springs, California, di Coachella Valley di mana mereka tinggal sebelumnya. Dikutip melalui The Guardian, Jumat, 20 Januari 2017, mereka telah menyewa rumah Rancho Mirage milik Michael Smith, pria yang mendekorasi Oval Office dan Gedung Putih. Obama dan keluarganya kemungkinan menghabiskan waktu selama beberapa hari di Palm Springs.

Setelah Palm Springs, keluarga Obama  akan menetap di Washington DC, setidaknya selama dua tahun ke depan sembari menanti kelulusan sekolah putri kedua mereka, Sasha Obama. Mereka dikabarkan telah menyewa sebuah rumah seluas 8.200 persegi di Kalorama dengan sembilan kamar tidur. Di kawasan tersebut, mereka akan hidup berdampingan, bahkan menjadi tetangga Ivanka Trump dan suaminya Jared Kushner, serta bos dari Amazon dan Washington Post.

Selama konferensi pers terakhirnya pada Rabu lalu, Obama mengatakan ia ingin menghabiskan sisa waktu di 2017 bersama istrinya, mengingat usia pernikahan mereka sudah memasuki angka 25. Ia juga ingin mempunyai waktu untuk menulis.

Memoar Obama sangat dinantikan, Wall Street Journal melaporkan banyak penerbit bersedia membayar $15 juta atau sekitar Rp199 miliar untuk hak terbit. Obama juga menekankan  ia ingin menghabiskan waktunya sebagai warga biasa, bekerja untuk mengembangkan para pemimpin muda dalam Partai Demokrat.

Keluarga Obama tak perlu pusing memikirkan keuangan mereka setelah Obama menjadi mantan presiden, karena Obama berhak menerima dana pensiun tahunan sebesar $203.700 dan $96.000 untuk pasukan pengaman presiden. Keluarganya juga akan mendapatkan asuransi hidup yangjumlahnya rahasia.

Sementara itu, Perpustakaan Pusat Kepresidenan Barack Obama direncanakan akan ditempatkan di University of Chicago di kota South Side.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya