Baru Dilantik, Trump Pecat Semua Duta Besar Pilihan Obama

Trump-Obama bersama istri di acara pelantikan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Tak lama setelah mengambil sumpahnya sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump langsung memecat semua duta besar asing yang diangkat oleh Barack Obama. Trump menyampaikan kepada tiap duta besar di seluruh dunia yang ditunjuk Obama, wajib meninggalkan kantor mereka pada 20 Januari 2017, tanpa masa tenggang sedikit pun.

5 Negara Putus Hubungan dengan Israel, Ada Negara NATO

Sebelumnya tim transisi pada 23 Desember lalu memang menyatakan, aksi bersih-bersih ini dilakukan tanpa ada pengecualian dan tak ada masa perpanjangan bagi pejabat yang diangkat oleh Obama. Tercatat ada 80 duta besar untuk negara, lembaga, dan lainnya dibuang sekaligus oleh Trump.

Para duta besar itu di antaranya termasuk Jerman, Inggris, Kanada, dan negara penting sekutu lainnya. Pemecatan juga berlaku untuk duta besar di China, India, Jepang, dan Arab Saudi. Proses penggantian duta besar nantinya akan dilakukan Trump dalam kongres.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Sementara itu, istri Trump, Ivana Trump, dilaporkan telah menyatakan minatnya untuk menjadi duta besar untuk Republik Ceko. Presiden Republik Ceko, Milos Zeman, juga telah menyatakan dukungannya.

Selain itu, beberapa rencana lainnya juga mulai santer menggema menggantikan para dubes lama. Seperti Gubernur Carolina Selatan Nikki Hayley yang bakal menjadi duta besar untuk PBB, menggantikan Samantha Power. Selain itu, duta besar untuk Israel juga akan diisi oleh David Friedman, dan Iowa Gov Terry Branstad sebagai duta besar Cina. Sejauh ini Trump telah dikritik banyak pihak terkait aksi di bawah kabinetnya ini. 

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Sebelumnya, Gubernur New Jersey, Chris Christie, memang menyatakan apabila Donald Trump menjadi presiden Amerika Serikat, ia akan membersihkan pejabat pemerintah federal yang ditunjuk secara politis oleh Barack Obama. Salah satu sekutu utama Trump itu juga menyatakan, Trump akan meminta kongres meloloskan peraturan sehingga lebih mudah untuk memecat pekerja publik. "Seperti yang Anda ketahui dari kariernya yang lain, Donald suka memecat orang," kata Christie, seperti dikutip Reuters.

Ia mengacu pada peran yang dibintangi Trump dalam acara televisi berjudul "The Apprentice" di mana Trump suka berteriak "Anda dipecat". 

KMBAAA Ikhtiar Penguatan Moderasi Beragama di Level Global

Kemenag: KMBAAA Ikhtiar Penguatan Moderasi Beragama di Level Global

Kementerian Agama menggelar Konferensi Moderasi Beragama Asia Afrika dan Amerika Latin (KMBAAA). Ajang ini berlangsung di Bandung, 20 - 22 Desember 2023. Wamenag hadir

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023